HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Rincian pekerjaan renovasi Stadion Mandala sudah disampaikan ke Dinas PUPR

Pengelola Stadion Mandala, Akmar (kedua dari kiri) saat berdiskusi dengan Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat Papua terkait rencana renovasi stadion itu untuk mempersiapkan Pekan Olahraga Nasional XX Papua pada 2020. – Jubi/Arjuna Pademme

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Pengelola Stadion Mandala di Kota Jayapura, Papua, Akmar menyatakan telah menyampaian rincian pekerjaan yang harus dikerjakan dalam proses renovasi kepada Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR Provinsi Papua. Hal itu dinyatakan Akmar kepada Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat Papua yang melakukan inspeksi mendadak di stadion itu, Kamis (4/7/2019).

Menurut Akmar, Stadion Mandala harus direnovasi, agar stadion itu memenuhi standar untuk menjadi arena pertandingan Pekan Olahragan Nasional (PON) XX Papua pada 2020. Beberapa bagian stadion yang mesti direnovasi di antaranya rumput stadion, lintasan lari, arena lompat jauh dan lompat jangkit, kursi tribun penonton, bak air untuk lari jarak jauh, dan penambahan daya lampu stadion.

“Saya sudah memberikan catatan kepada Dinas PUPR Provinsi Papua terkait apa saja yang mesti direnovasi untuk kepentingan PON. Rumput stadion kini kalau hujan air sudah tergenang. Lintasan lari mesti menggunakan karet seperti di Stadion Utama PON,” kata Akmar kepada para pimpinan dan anggota Komisi V yang membawahi olahraga itu.

Akmar juga menyebut kursi penonton di tribun timur dan barat Stadion Mandala harus diperbaiki, karena kursi itu telah dipergunakan selama sembilan tahun. Mestinya, batas waktu pengunaan kursi stadion maksimal lima tahun.

Loading...
;

Selain itu, tribun selatan dan utara Stadion Mandala juga diusulkan untuk diganti dengan kursi tunggal seperti kursi penonton di tribun barat dan timur. Saat itu, para penonton di tribun selatan dan utara Stadion Mandala duduk di beton berundak, tanpa dilengkapi alas yang menjadi kursi.

“Lampu stadion yang kini kapasitasnya 900 watt mesti ditingkatkan menjadi 1500 watt. Lampu stadion harus diganti karena standar minimal Konfederasi Sepak Bola Asia atau AFC 1200 watt,” ujarnya.

Wakil Ketua Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP), Maria Duwitau menyatakan hingga kini renovasi Stadion Mandala belum dikerjakan karena proses lelang pekerjaan belum rampung. “Sepertinya itu kendalanya. Apapun yang perlu direnovasi usulkan saja ke Dinas PUPR. Kam di DPRP [akan] mengupayakannya penganggarannya,” kata Maria Duwitau.

Sekretaris Komisi V DPR Papua, Natan Pahabol mengatakan pihaknya akan mengawasi proses renovasi Stadion Mandala. “[Proses renovasi Stadion Mandala] mesti diawasi, jangan sampai renovasi itu tidak sesuai ketentuan atau standar [PON],” ucap Natan Pahabol.(*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top