Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

RSJ Abepura tekad rampungkan akreditasi tahun ini

RSJ Abepura. – Jubi/Dok

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Manajemen Rumah Sakit Jiwa atau RSJ Abepura optimistis akan menyelesaikan seluruh proses akreditasi rumah sakit tersebut. Pelaksana tugas Direktur Rumah Sakit Jiwa Abepura, Anton Tonny Mote menyatakan pihaknya terus menyelesaikan berkas-berkas yang dibutuhkan untuk memenuhi syarat akreditasi itu.

“Usai dipercayakan memimpin rumah sakit ini, saya bersama tim langsung melakukan evaluasi dokumen. Kami harap RSJ Abepura bisa terakreditasi pada 2019,” kata Anton Mote di Jayapura, Kamis (18/7/2019).

Menurut ia, akreditasi RSJ Abepura menjadi penting agar pelayanan bagi peserta BPJS Kesehatan bisa kembali diberlakukan di rumah sakit tersebut. “Sebelumnya layanan [bagi peserta] BPJS berjalan, tapi sudah putus kontrak karena RSJ Abebura belum terakreditasi,” ujarnya.

Selain fokus masalah akreditasi, ujar Mote, ia juga akan membenahi pelayanan, pengembangan standarisasi, dan mewujudkan pelayanan prima.  “Intinya kami memiliki tanggung jawab terhadap 29 kabupaten/kota dalam pembinaan jaringan pasien jiwa,  bagaimana pendampingan dan juga pembakalan sumber daya manusia,” kata Mote.

Loading...
;

Anton Mote menyatakan RSJ Abepura telah memiliki jumlah dokter dan pasokan obat yang mencukupi. RSJ Abepura memiliki empat dokter spesialis penyakit jiwa, yang dilengkapi dokter umum.

“Mudah mudahan tahun ini kita bisa kembangkan pelayanan. Dimana kita butuh dokter spesialis penyakit dalam, mata, dan syaraf.  Selama ini, pasien jiwa yang juga punya penyakit medik lainnya selalu dirujuk keluar,” kata Mote.

Mote berharap pelayanan RSJ Abepura dapat semakin berkembang, sehingga pasien yang mengalami penyakit lain tidak perlu dirujuk lagi. Jika dirujuk ke rumah sakit lain, rumah sakit itu khawatir tidak bisa menangani pasien dari RSJ Abepura. Mereka khawatir misalnya, pasien yang dirujuk akan mengganggu pasien yang lain,” sambungnya.

Secara terpisah. Sekretaris Daerah Papua, Hery Dosinaen meminta Direktur RSJ Anton Mote untuk segera melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan baik sesuai ketentuan yang berlaku. “Tidak ada yang sulit jika semua mengikuti ketentuan yang ada,” kata Hery. (*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top