Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

RSUD Yowari tujuan utama berobat warga kampung

Petugas medis melayani pasien di RSUD Yowari, Kabupaten Jayapura, beberapa waktu lalu – Jubi/Yance Wenda.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Manajemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Yowari, Kabupaten Jayapura berkomitmen meningkatkan kualitas pelayanan. Setelah meraih akreditasi madya dari Kementerian Kesehatan, mereka terus mengoptimalkan seluruh sumber daya untuk mewujudkan pelayanan terbaik.

“Ini (pencapaian akreditasi) tidak hanya berhenti sampai sampai di sini. Kami terus berupaya mengoptimalkan sumber daya manusia, anggaran, serta sarana dan prasarana untuk memberikan pelayanan yang baik (kepada masyarakat),” kata Direktur RSUD Yowari Petronella Marcia Risamasu, Jumat (15/11/2019)

Pelayanan publik di RSUD Yowari juga meraih predikat cukup baik berdasarkan penilaian dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Hasil penilaian tersebut meningkat daripada tahun sebelumnya.

“Kemarin (tahun lalu) memang (hasil penilaiannya) kurang memuaskan. Ada beberapa layanan harus kami perbaiki,” ujar Marcia.

Loading...
;

Sejalan dengan upaya peningkatan pelayanan, jumlah kunjungan pasien rawat jalan maupun inap meningkat di RSUD Yowari. Pada tahun lalu, misalnya hanya sekitar 59% tempat tidur inap yang terisi, sedangkan pada tahun ini meningkat menjadi 68%.

“Hanya pasien IGD (instalasi gawat darurat) yang menurun, yakni menjadi 12%. Itu sebenarnya positif (bertanda baik), masyarakat mulai memahami bahwa IGD hanya melayani kegawatdaruratan, dan pertolongan pertama,” jelas Marcia.

Karena jumlah pasien cenderung meningkat setiap tahun, manajemen rumah sakit mulai memikirkan rencana  penambahan fasilitas rawat inap. Upaya itu juga untuk meningkatkan kualitas pelayanan rumah sakit.

Pengunjung RSUD Yowari Maria Kwano berharap pihak manajemen rumah sakit mengantisipasi lonjakan pasien menjelang Natal dan Tahun Baru. Itu karena RSUD Yowari menjadi tujuan utama perawatan rujukan bagi warga pedalaman Papua.

“Saya (membawa keluarga berobat) ke sini saat (pasien) sepi sehingga dokter (bisa) menanganinya dengan baik. Ketika pengunjung meningkat (membeludak), saya tidak tahu (apakah masih bisa ditangani dengan baik). Mereka yang dari kampung itu akan lebih dahulu (berobat) ke sini sebelum ke RSUD lain (di Kabupaten maupun Kota Jayapura),” kata Kwano. (*)

 

Editor: Aries Munandar

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top