HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Sakit, dua siswa SMA pengungsi Nduga ini ikut UN

Sekolah Darurat bagi anak-anak pengungsi Nduga di Wamena, Jayawijaya (Jubi/Mawel).

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi- Dua siswa asal Nduga yang juga tinggal di pengungsian mengikuti Ujian Nasional dalam keadaan sakit. Tim Peduli Kesehatan Rimba Papua mendesak Pemerintah memperhatikan nasib dua siswa tersebut.

Soleman Itlay salah satu relawan yang mendampingi para pengungsi Nduga mengatakan, kedua siswa yakni Lilpi Kusumburue (19) dan Dunias Umangge (18) merupakan siswa kelas tiga Sekolah Menegah Atas Mbua, Distrik Mbua, Kabupaten Nduga, Provinsi Papua.

Menurut Itlay, Umangge mengeluh sering demam tinggi. Sementara , Lilpi Kusumburue menderita luka bakar di badannya. Diduga Luka bakar yang diderita Lilpi akibat gas yang ditembakan militer Indonesia saat operasi di Nduga akhir Desember 2018.

“Dia tidak mau berobat. Dia bilang nani-nanti,” ungkap Soleman Itlay kepada jurnalis Jubi, Selasa (26/03/2019) di Abepura, Kota Jayapura.

Loading...
;

Kata dia, relawan yang menangani penggungsi sudah berusaha membawa kedua siswa untuk berobat ke RS Wamena. Namun pengobatan tersebut tidak membuahkan hasil apapun. Kata Itlay, Kusumburue dan Umangge kini sedang mengikuti ujian Nasional di Sekolah Darurat di Wamena.

“Mereka itu ujian. Kamis besok kan terakhir,” ungkap Itlay.

Ester Haluk, koordinator posko relawan pengungsi Nduga mengatakan pemerintah harus turun tangan untuk memastikan pendidikan anak-anak pengungsi Nduga tetap berjalan dengan baik. Menurutnya, selama konflik terus terjadi, maka anak- anak tersebut takkan mendapatkan pendidikan yang baik. Padahal, pendidikan menjadi salah satu hak dasar anak.

“Pendidikan itu hak atas pendidikan anak. Anak-anak mengungsi. Mereka tidak bisa ikut ujian. Kami minta gubernur terbitkan surat berhalangan bagi anak-anak,” ungkap dia dengan harapan anak-anak itu ikut ujian susulan,” jelasnya. (*)

Editor :            Edho Sinaga

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top