Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Sambut Hardiknas, Balai Arkeologi Papua akan putar film Situs Tutari

Sejumlah mahasiswa-mahasiswi Antropologi FISIP Uncen, saat kuliah lapangan di Situs Megalitik Tutari – Jubi/Dokumentasi Balai Arkeologi Papua

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Dalam rangka memperingati dan memeriahkan Hari Pendidikan Nasional 2019, Balai Arkeologi Papua rencananya akan mengadakan pemutaran film Situs Megalitik Tutari, serta Sosialisasi Rumah Peradaban Situs Megalitik Tutari, pada pertengahan April 2019 mendatang.

Rencananya, dalam kegiatan tersebut akan diundang 50 orang guru dari jenjang pendidikan SD, SMP, SMA di Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura.

Kepala Balai Arkeologi Papua, Gusti Made Sudarmika, mengatakan kegiatan tersebut bertujuan untuk mengenalkan lebih dekat Situs Megalitik Tutari kepada guru-guru. Selain itu, juga untuk mensosialisasikan kegiatan Rumah Peradaban Situs Megalitik Tutari yang rencana akan dilaksanakan Juli 2019.

“Rumah Peradaban Situs Megalitik Tutari merupakan sarana edukasi dan pemasyarakatan hasil penelitian arkeologi, untuk memberikan pemahaman tentang sejarah dan nilai-nilai budaya masa lalu dalam upaya melek budaya, pencerdasan bangsa, penumbuhan semangat kebangsaan, dan sumber inspirasi bagi pengembangan budaya yang berkepribadian Indonesia,” katanya, di Jayapura, Kamis (4/4/2019).

Loading...
;

Menurutnya, sasaran kegiatan rumah peradaban Situs Megalitik Tutari, yaitu untuk siswa-siswi SD, SMP, dan SMA di Jayapura.

Sementara itu, Hari Suroto, sebagai peneliti Balai Arkeologi Papua sekaligus koordinator acara, mengatakan selain pemutaran film ini, akan dilakukan pula diskusi dan bedah film.

“Balai Arkeologi Papua bekerja sama dengan guru-guru, telah menyusun buku ajar Situs Megalitik Tutari. Buku ini sudah diajarkan pada tiga sekolah pilot project, yaitu SMPN 6 Kota Jayapura, SMPN 1 Sentani, dan SMPN 2 Sentani,” katanya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top