HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Samoa lanjutkan vaksinasi MMR

CEO dari Kementerian Kesehatan Samoa (MOH), Leausa Dr. Take Naseri. – Samoa Observer/Lagi Keresoma

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Apia, Jubi – Kementerian Kesehatan Samoa (MOH) membenarkan kabar mereka akan melanjutkan program vaksin campak, gondok, dan rubela (measles, mumps and rubella; MMR) mulai 15 April mendatang, dan akan memvaksinasi siapa pun yang belum diimunisasi saat vaksin MMR ditangguhkan di negara itu.

Pada Juli tahun lalu, dua bayi meninggal dunia setelah menerima vaksin MMR mereka. Program itu lalu dihentikan untuk sementara selama investigasi dilakukan, untuk menentukan apakah vaksin itu sendiri yang disalahkan.

CEO dari MOH, Leausa Dr. Take Naseri, menegaskan kalau pelatihan ulang telah diadakan untuk para pekerja kesehatan, dan lemari pendingin yang baru untuk menyimpan vaksin itu dengan benar telah disediakan. Dengan ini, dan tindakan pencegahan lainnya, ia dan kementeriannya siap untuk melanjutkan program vaksinasi secara nasional, menurutnya.

“Vaksin MMR ini 100% aman,” tegas Leausa. “Masih banyak pekerjaan yang harus kita lakukan, untuk kembali mendapatkan kepercayaan masyarakat atas proses vaksinasi, tetapi tentu saja banyak juga orang yang datang dan meminta imunisasi. Mereka prihatin dengan anak-anak mereka.”

Loading...
;

Leausa menerangkan mulai 15 April, Rumah Sakit Tupua Tamasese Meaole akan memvaksinasi semua anak-anak, termasuk mereka yang tidak menerima imunisasi sejak Juli tahun lalu sampai April ini, dan semua orang dewasa yang ingin diimunisasi. Rumah sakit tingkat kabupaten juga akan melanjutkan program mereka sesuai permintaan.

Direktur Regional Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang baru ditunjuk, dr Takeshi Kasai juga mengungkapkan dukungannya, dan menekankan pemerintah Samoa telah melakukan penyelidikan yang ketat.

“Yang saya khawatirkan adalah karena saat ini untuk campak, secara global, ada lonjakan, semakin banyak wabahnya di seluruh dunia,” tutur Dr. Kasai.

Sementara itu, Leausa berkata MOH juga telah memvaksinasi sejumlah orang dewasa yang bepergian ke Selandia Baru, untuk pekerjaan musiman. (Samoa Observer)


Editor: Kristianto Galuwo

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top