Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Samoa umumkan ada wabah campak

Pos skrining Campak yang dibuka di luar rumah sakit nasional. – Misiona Simo

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Apia, Jubi – Kementerian Kesehatan (MOH) Samoa telah mengumumkan ada wabah campak di negara itu, setelah tujuh sampel yang dikirim ke Australia untuk di-tes menunjukkan hasil positif terhadap virus tersebut.

Dalam pernyataan yang dirilis Rabu kemarin (16/10/2019), Kementerian Kesehatan membenarkan bahwa dari 20 sampel yang dikembalikan, dua orang dewasa dan lima anak-anak terkena campak.

“Mereka semua telah dirawat dan dipulangkan tanpa komplikasi,” tulis pernyataan itu.

Sampel-sampel ini dikirimkan ke laboratorium referensi Infectious Disease Reference Laboratory Victoria di Melbourne, pada 30 September dan 2 Oktober, untuk pengujian mendesak.

Loading...
;

Kementerian itu masih menunggu konfirmasi, apakah anak berusia satu tahun yang meninggal pada hari Minggu lalu juga disebabkan oleh campak. Bocah itu dirawat di unit spesialis anak yang diisolasi di rumah sakit nasional, dimana kasus-kasus yang dicurigai dikarantina.

Imunisasi campak sekarang tersedia di semua fasilitas kesehatan, termasuk Rumah Sakit TTM Motootua dan Rumah Sakit MTII Tuasivi.

“Dengan ini publik diingatkan pentingnya untuk mengambil tindakan pencegahan dan mengendalikan penyebaran campak yang lebih meluas.”

Disadur dari RNZ Pacific, seorang ahli vaksinasi berkata wabah campak di Samoa itu tak terhindarkan.

Helen Petousis-Harris dari Universitas Auckland berkata, sebelumnya tingkat imunisasi Samoa mencapai 31%, tingkat ini mungkin telah turun lebih jauh karena jeda yang lama dalam program imunisasi MMR tahun lalu. (Samoa Observer)


Editor : Kristianto Galuwo

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top