Sampah kiriman dari luar terus masuk ke Pasar Pharaa Sentani

Sampah kiriman dari luar terus masuk ke Pasar Pharaa Sentani

Tumpukan sampah di Pasar Pharaa Sentani – Jubi/Yance Wenda

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Sejak banjir bandang menerjang Sentani pada 16 Maret lalu, sampah di Pasar Pharaa Sentani terus meningkat jumlanya, baik sampah pasar maupun sampah kiriman dari masyarakat yang tinggal di sekitar pasar tersebut.

Bakhtiar, sopir truk sampah di Pasar Pharaa Sentani, mengatakan saat ini jumlah sampah di pasar terbesar di Kabupaten Jayapura ini mengalami peningkatan cukup signifikan.

“Kalau normalnya itu dalam satu hari bisa empat sampai lima rit, kalau lebih berarti harus dulu baru jalan,” jelas Bakhtiar kepada Jubi di Sentani, Selasa (14/5/2019).

Sejak banjir bandang, jumlah angkut sampah ke tempat pembuangan akhir (TPA) justru berkurang.

“Bukan karena apa tapi semangat yang berkurang karena orang yang kerja itu-itu saja,” jelas Bakhtiar.

Ia menjelaskan jumlah petugas kebersihan di Pasar Pharaa sebanyak 10 orang namun yang aktif bekerja hanya empat orang.

“Sampah paling banyak di pasar ini sampah kiriman, kalau sampah pasar itu kami tahu, di pasar banyak karena di luar pasar untuk Kota Sentani sudah dilarang to,” ucapnya.

Sampah kiriman ini biasanya dibuang ke pasar sambil datang berbelanja.

“Orang-orang datang berbelanja yang datang dengan mobil dan mereka buang. Ada juga yang mereka parkir sebentar, baru buang,” katanya.

Terpisah, Mesak Kwanop, seorang pengunjung pasar, mengatakan pasar ini bisa bersih jika ada kesadaran dari masyarakat dan orang-orang yang biasa beraktivitas di pasar untuk membuang sampah pada tempatnya.

“Kalau semua sadar akan bahaya sampah ini lebih baik lagi dan mereka buang di tempat atau taruh di tempat yang kelihatan agar mudah diangkut oleh petugas,” jelasnya.

Kwanop menambahkan dinas terkait harus tegas menangani soal sampah.

“Harus ada ketegasan dari dinas supaya sampah itu tidak berhamburan, jika pasar bersih orang akan betah di pasar,” katanya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Populer

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)