Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Sampah plastik akibatkan hasil tangkapan nelayan berkurang

Tumpukan sampah di pulau Metu Deby, Hamadi menghadap ke Jembatan Merah Youtefa – Jubi/Agus Pabika.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Nelayan di perairan Youtefa mengeluhkan tumpukan sampah plastik yang menutupi laut. Akibatnya hasil tangkapan nelayan dan pencari kerang laut menurun drastis.

Mama Nonce Hanasbey, ketika ditemui Jubi, mengatakan pendapatan masyarakat sekitar berkurang karena sampah plastik lebih mendominasi, daripada ikan dan kerang. Mereka harus melaut lebih jauh untuk mendapat tangkapan yang layak.

“Dulu kami mau dapatkan ikan dan kerang tidak susah, karena ada di bawah rumah panggung kami. Tapi sekarang sulit untuk dapatkan ikan lagi seperti dulu, yang ada hanya plastik yang kami dapat,” kata mama Hanasbey.

Ia menambahkan, tempat perempuan Tobati mencari kerang yang disebut Hutan Perempuan juga sudah dipenuhi sampah plastik.

Loading...
;

“Sekarang sulit dalam hal pendapatan, karena melaut juga belum tentu dapat, sehingga masyarakat asli bersama pemuda Tobati – Engros tiap minggu membersikan sampah di perairan Youtefa, pulau Metu Deby, pantai Ciberry dan pembersihan sampah plastik di hutan bakau,” katanya.

Sementara itu Vinsen Yigibalom, pengunjung pantai Ciberry menambahkan perlu ada kesadaran semua pihak terutama masyarakat kota Jayapura untuk tidak membuang sampah plastik ke laut.

“Ada sampah plastik di pinggir rumah jangan buang ke laut karena itu akan merusak ekosistem yang ada di laut,” katanya. (*)

Editor: Edho Sinaga

 

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top