Sampah seluas lapangan sepakbola mengapung di Danau Sentani

Sampah seluas lapangan sepakbola mengapung di Danau Sentani

Sampah kiriman banjir bandang mengapung didepan dermaga Yahim di Danau Sentani, Rabu (20/3/2019). Jubi/Engel Wally

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Selain merusak sebagian besar fasilitas umum di Sentani, ibukota Kabupaten Jayapura, banjir bandang yang menerjang pada Sabtu (16/3/2019 juga membawa timbunan sampah memasuki Danau Sentani. Pada Rabu (20/3/2019), luasan sampah kiriman yang mengapung di Danau Sentani telah seluas lapangan sepakbola.

Kepala Distrik Sentani Budi Yokhu mengatakan sampah yang terbawa banjir bandang itu masuk ke Danau Sentani, dan terkumpul mengapung di depan dermaga Yahim. Sampah organik dan sampah anorganik bercampur bercampur menjadi satu di sana.

“Sampah itu bermacam-macam, mulai dari bongkahan kayu besar, gelondongan batang pohon beserta dahan-dahannya, plastik, seng, dan berbagai macam sampah lainnya. Luasan sampah yang mengapung itu sudah menyerupai luasan lapangan sepakbola,” ujar Yokhu di Sentani. Rabu (20/3/2019).

Ia menyatakan telah melaporkan sampah kiriman itu, dan mengkoordinasikan upaya pembersihan Danau Sentani dari dari sampah banjir bandang. Sampah itu harus segera dibersihkan karena Danau Sentani merupakan hajat hidup masyarakat adat Sentani yang hidup di pesisir danau itu.

“Air Danau Sentani yang tadinya jernih berubah menjadi kabur. Tentunya perubahan itu berpengaruh kepada kesehatan masyarakat yang ada di kampung-kampung, karena mereka menggunakan air Danau Sentani untuk memenuhi penghidupan mereka,” kata Yokhu.

Kepala Kampung Yahim, Yusak Pangkali mengaku dampak banjir bandang serta kenaikan debit air di Danau Sentani bukan hanya menimbulkan korban jiwa, namun juga menghentikan aktivitas ekonomi warga di sekitar dermaga di Yahim. “Tinggi muka air danau naik hingga melewati dermaga, membanjiri tempat para mama berjualan di dermaga ini. Sebagian besar kios dan toko terendam banjir luapan Danau Sentani,” ungkapnya. (*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Populer

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)