HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Sarankan penduduknya poligami, Bupati Maybrat banjir kecaman

Mesakh Sraun, tokoh intelektual Maybrat saat memberikan tanggapan tentang saran Bupati Maybrat agar laki-laki dibolehkan beristri lebih dari satu. (Jubi/Hans Arnold Kapisa).

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Manokwari, Jubi – Pernyataan Bupati Maybrat, Papua Barat, Bernard Sagrim, yang menyarankan agar laki-laki Maybrat boleh menikahi lebih dari satu perempuan (poligami) menuai sorotan. Tokoh masyarakat Maybrat  hingga anggota parlemen di DPR Papua Barat angkat suara.

Tokoh intelektual Maybrat di Manokwari, Mesakh Sraun mengatakan, pernyataan Bupati Sagrim adalah hal yang tak patut. Sebagai umat Nasrani, tidak diperbolehkan laki-laki menikah lebih dari satu perempuan.

“Firman Tuhan bilang, hanya maut yang memisahkan. Jadi kalau ukuran kawin dua atau lebih, untuk perbanyak populasi orang di Maybrat, itu tidak dapat diterima karena masih  ada program lain yang lebih  tepat  untuk meningkatkan Populasi manusia Maybrat, ketimbang harus menduakan istri pertama yang masih hidup,” tuturnya kepada wartawan di Manokwari, Rabu (10/7/2019).

Dia juga mengatakan, budaya mas kawin khusus suku Maybrat, selama ini menjadi ukuran kemampuan seorang laki-laki untuk memenuhi permintaan pihak perempuan dengan kain timur dengan kesepakatan harganya.

Loading...
;

“Jadi, saya pikir Bupati Sagrim harus pertimbangkan lagi apa yang dia sarankan. Karena dua pertibangan yang telah saya sebutkan tadi. Ataukah, memang Pemda Maybrat mau bayarkan mas kawin melalui APBD?” ujarnya.

Senada, John Dimara, anggota DPR Provinsi Papua Barat mengatakan saran Bupati Maybrat harus mempertimbangkan aspek sosial dan agama.

“Ini akan jadi masalah bagi istri pertama, juga beban bagi suami jika tidak mampu nafkahi. Bahkan dari sisi ajaran Agama nasrani juga sudah jelas, bahwa laki-laki atau perempuan hanya sekali menikah dalam hidup. Boleh nikah lagi, jika salah satu diantaranya meningal dunia,” ujar Dimara.

Sebelumnya, dilansir jagatpapua.com, Bupati Maybrat menyarankan setiap laki-laki dapat beristri lebih dari satu orang. Alasannya, untuk meningkatkan populasi penduduk di wilayah kabupaten tersebut. (*)

 

Editor: Edho Sinaga

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top