Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Satgas Pengawasan Cycloop bersihkan sungai di Depapre

Satgas Pengawasan Cagar Alam Cycloop membersihkan sungai di Distrik Depapre – Jubi/Engelbert Wally.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Satuan Tugas Pengawasan Cagar Alam Cycloop Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Jayapura menggelar aksi kebersihan di kawasan Terminal Petikemas Depapre. Mereka menyingkirkan bongkahan pohon serta sampah di aliran maupun bantaran sungai.

“Kegiatan ini merupakan bagian dari pemantauan dan pengawasan lingkungan di pesisir Distrik Depapre. Kawasan ini juga perlu penghijauan karena bakal menjadi pusat industri sehingga masyarakat membutuhkan udara segar,” kata Kepala Bidang Pengawasan Pemantauan Pemulihan dan Peran serta Masyarakat DLH Kabupaten Jayapura Ruddy Julius Sokoy, Jumat (22/11/2019).

Kerja bakti dan penghijauan tersebut digelar untuk memperingati Hari Pohon Sedunia. Kegiatan itu turut melibatkan masyarakat setempat.

“Penanaman pohon dimulai dari pintu angin (jalan masuk ke Distrik Depapre). Ada ratusan bibit mahoni dan cemara (yang ditanam). Pemantauan dan pengawasan serupa sebelumnya dilaksanakan di wilayah timur, tengah, dan barat (Cagar Alam Cycloop),” jelas Sokoy.

Loading...
;

Masyarakat setempat selama ini juga rutin melakukan penghijau di kawasan pesisir Pegunungan Cycloop. Mereka memanam bakau (mangrove) pada kawasan penyangga untuk mencegah abrasi pantai.

“Beberapa kelompok pemerhati lingkungan di kampung rutin menanam dan merawat bakau di sepanjang pesisir pantai. Kehadiran satgas pengawasan juga kami apresiasi. Sejumlah pohon mereka tanam di sepanjang jalan masuk ke kampung,” kata Kepala Kampung Wanya Yohan Demetouw (*)

 

Editor: Aries Munandar

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top