Sebagian kampung di pesisir Danau Sentani akan dipindahkan

Sebagian kampung di pesisir Danau Sentani akan dipindahkan

Bupati Jayapura Mathius Awoitauw saat berdiskusi dengan tokoh adat Sentani, Yanto Eluay – Jubi/Engel Wally

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Sebagian kampung di pesisir Danau Sentani dipastikan akan pindah ke darat. Hal ini sudah disepakati bersama dalam rapat koordinasi antara pemerintah daerah dan pimpinan adat di masing-masing kampung.

Hal ini disampaikan Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, dalam Rapat Tindak Lanjut Mitigasi Kawasan Gunung Siklop, Kawasan Cagar Alam, dan Kawasan Danau Sentani yang dilaksanakan di aula lantai dua Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah Sentani, Rabu (15/5/2019).

“Masyarakat di Distrik Ebungfauw sampai Kampung Ayapo, semua siap pindah ke darat. Surat pernyataan yang ditandatangani masing-masing kepala suku sudah masuk ke pemerintah,” ujarnya.

Dikatakan, sebagian kampung seperti Yobeh, Yoboi, Sosiri, dan sebagian kampung di bagian barat Danau Sentani juga sedang dalam proses pembicaraan internal kampung.

Bupati Awoitauw mengatakan proses relokasi dan pembangunan rumah akan dilaksanakan oleh pemerintah daerah. Oleh sebab itu, semua pihak yang tergabung dalam tim penanggulangan bencana diharapkan melakukan monitor beberapa hari ke depan, karena Senin pekan depan sudah mulai melakukan aksi.

“Dalam proses ini, pemerintah hanya menunggu tempat untuk relokasi. Ketika relokasi dilakukan, nanti tanah-tanah yang akan digunakan sudah tidak bermasalah lagi dan tidak dijualbelikan. Artinya, kepala suku harus mengedepankan kepentingan warga masyarakatnya,” kata Bupati Awoitauw.

Kapolres Jayapura, AKBP Viktor Makcbon, mengatakan pihaknya sangat siap membantu kinerja pemerintah di masa transisi dan juga pemulihan, secara khusus relokasi warga yang terdampak langsung di pesisir Danau Sentani.

“Sudah kami siapkan tim monitoring di lapangan dan akan turut serta dalam setiap kerja kita, selain itu fasilitas pendukungakan kami siapkan guna kelancaran proses relokasi warga,” katanya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Populer

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)