Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Sebelum pemekaran, selesaikan masalah batas wilayah

Rapat membahas rencana pembentukkan Provinsi Papua Selatan di DPRD Merauke, Senin (4/11/2019) – Jubi/Frans L Kobun.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Merauke, Jubi – Rencana pembentukkan Provinsi Papua Selatan mendapat isyarat lampu hijau dari presiden maupun menteri dalam negeri. Walaupun begitu, masih dibutuhkan kejelasan mengenai batas wilayah administratif pemerintahan, termasuk antarkabupaten.

Sekretaris Daerah Merauke Daniel Pauta menyampaikan itu dalam pertemuan bersama DPRD Merauke, Senin (4/11/2019). Pertemuan juga dihadiri Tokoh Papua Selatan Johanes Gluba Gebze, dan Pengurus Lembaga Masyarakat Adat (LMA) Merauke serta sejumlah pemangku kepentingan.

“Peta (pembagian) wilayah harus disampaikan (dibicarakan) kepada provinsi induk, yakni Papua. Luas provinsi induk akan berkurang dengan adanya pemekaran,” kata Daniel.

Menurutnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Merauke dalam tiga tahun terakhir telah melakukan pendekatan terhadap Pemkab Boven Digoel, dan Mappi untuk menyelesaikan batas wilayah administratif. Walaupun sering dibahas bersama, penyelesaiannya belum juga tuntas. Penanganan permasalahan itu bahkan telah dilaporkan kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Kami minta (ketiga) pimpinan daerah bertemu (kembali). Kemendagri telah memfasilitasi pertemuan, tetapi teman-teman (pimpinan) dari dua kabupaten tersebut tidak hadir,” kata Daniel.

Loading...
;

Luas wilayah Kabupaten Merauke, lanjutnya harus dipastikan terlebih dahulu sebelum dimekarkan, dan membentuk Pemerintahan Kota Merauke. Jika permasalahan itu kelar, akan mempercepat proses pembentukkan Provinsi Papua Selatan.

Ketua Sementara DPRD Merauke Beny Latumahina menyatakan pihak legislatif pada prinsipnya mendukung rencana pembentukan provinsi baru. “Tentunya, kami menyambut positif (rencana pembentukan provinsi baru). Karena itu, mari kita bergandengan tangan, dan sekaligus membentuk tim khusus untuk mempersiapkan pembentukan Provinsi Papua Selatan.” (*)

 

Editor: Aries Munandar

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top