Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Sedikitnya 24 orang tewas akibat siklon Idai di Zimbabwe

Ilustrasi, pixabay.com

Badai itu telah menyebabkan kerusakan yang mengingatkan kepada Topan Eline

 

Harare, Jubi – Sedikitnya 24 orang telah tewas di bagian timur Zimbabwe, sementara rumah-rumah dan jembatan-jembatan tersapu badai tropis. Kementerian Informasi negara tersebutkan Topan Idai, yang membawa air hujan dan kerusakan ke kawasan-kawasan Mozambik dan Malawi, pada Jumat, (15/3/2019) dan memutus aliran listrik dan komunikasi.

“Sebanyak 24 orang dinyatakan meninggal terutama dari Chimanimani timur. Jumlah orang yang hilang tercatat saat ini 40 (dan) korban meninggal termasuk dua siswa,” kata Kementerian Komunikasi Zimbabwe di Twitter.

Berita terkait :: Siklon Oma pergi, cuaca Vanuatu dan Kepulauan Solomon tenang

Loading...
;

Siklon tropis Kepulauan Cook berisiko tinggi

Siklon Gita sebabkan kerugian AS$ 156 juta di Tonga

Anggota parlemen di Chimanimani, distrik di bagian timur Zimbabwe, Joshua Sacco, mengatakan kepada Reuters badai itu telah menyebabkan kerusakan yang mengingatkan kepada Topan Eline sperti pada Februari tahun 2000, yang menghancurkan bagian selatan Zimbabwe.

Sacco mengatakan jumlah korban meninggal diperkirakan bertambah sementara pihak-pihak berwenang terus menilai situasi.

Chimanimani, yang berbatasan dengan Mozambik, merupakan distrik yang paling parah dilanda bencana itu, dengan badai menimbulkan banjir dan juga merusak tanaman.  Sejumlah helikopter- angkatan udara menyelamatkan orang-orang, tetapi penerbangan terganggu karena hembusan angin yang kuat.

Selain itu Zimbabwe telah menghadapi kekeringan tahun ini yang merusak tanaman, satu badan kemanusiaan PBB mengatakan 5,3 juta orang akan memerlukan bantuan makanan tahun ini. (*)

Editor : Edi Faisol

 

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top