Sejumlah 29 korban telah teridentifikasi

Sejumlah 29 korban telah teridentifikasi

Kabid Hukas Polda Papua, Kombes Pol. AM. Kamal (kiri) dan Kabid Dokkes Polda Papua, Kombes Pol. dr. Ramon Amiman (kanan) saat memberikan keterangan pers di Jayapura, Selasa (19/3/2019) – Jubi/Roy Ratumakin

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Pada Selasa (19/3/2019) pagi, tim dokter Rumah Sakit (RS) Bhayangkara telah mengidentivikasi tiga jenazah korban banjir bandang yang menerjang Kabupaten Jayapura, Papua pada Sabtu (16/3/2019) pekan lalu. Identitas ketiga korban yang teridentifikasi Selasa itu adalah Jewiyana Yom, Titus Malo, dan Wilem Suebu. Dengan demikian, total jumlah jenazah yang teridentifikasi mencapai 29 jenazah korban.

Kabid Dokkes Polda Papua, Komisaris Besar dr Ramon Amiman mengatakan pada Selasa (19/3/2019) pihaknya mengidentivikasi tiga jenazah korban banjir bandang. “Ketiga jenazah itu teridentivikasi dari data gigi, sidik jari, dan data medis sekunder lainnya,” kata dr. Ramon kepada wartawan di RS Bhayangkara, Selasa.

Hujan sangat deras yang mengguyur Kabupaten Jayapura sepanjang Sabtu malam telah mengakibatkan banjir bandang yang menerjang sembilan kelurahan di Kabupaten Jayapura. Data Badan Nasional Penanggulangan Bencana hingga Senin (17/3/2019) pukul 17.00 WP menyatakan 72 warga Kabupaten Sentani meninggal dunia akibat banjir bandang itu. Selain itu, 74 warga terluka, dan 43 warga lainnya dilaporkan hilang.

Hujan sangat deras juga mengguyur Kota Jayapura sepanjang Sabtu malam, menyebabkan tanah longsor yang menimbul rumah warga di Bukit Ampera, Kota Jayapura pada Minggu dini hari. Longsoran itu menyebabkan tujuh warga meninggal dunia, dan melukai lima warga lainnya. Total jumlah korban meninggal dunia dari bencana banjir bandang di Kabupaten Jayapura dan tanah longsor di Kota Jayapura adalah 79 orang.

Amiman menyatakan total jumlah korban meninggal yang teridentifikasi hingga Selasa mencapai 29 orang. Hingga Selasa, masih ada 40 jenazah lagi yang telah berada di kamar jenazah RS Bhayangkara, dan tengah diidentifikasi oleh tim Disaster Victim Identification Kepolisian Daerah (Polda) Papua. “Kami upayakan secepatnya dapat diidentivikasi agar diserahkan ke pihak kekuarga,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Papua, Kombes Pol AM. Kamal mengatakan pencarian terhadap 43 warga yang hilang terus dilakukan. “Kami berharap masyarakat atau keluarga dari korban yang hilang agar bisa lebih pro aktif untuk memberikan data-data ataj ciri-ciri dari korban yang hilang tersebut. Karena apabila sudah ditemukan akan lebih cepat diidentivikasi,” katanya.(*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Populer

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)