HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Sejumlah 69 gardu listrik mulai berfungsi lagi

Para petugas PLN Unit Induk Wilayah Papua & Papua Barat terus berupaya memulihkan pasokan listrik ke sejumlah lokasi di Kabupaten Jayapura, Papua, yang diterjang banjir bandang pada Sabtu (16/3/2019) lalu. – Jubi/Dok PLN

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – PLN terus berupaya memulihkan pasokan listrik ke sejumlah lokasi bencana banjir bandang di Kabupaten Jayapura, Papua. Hingga Selasa (19/3/2019) malam, PLN telah berhasil memulihkan enam penyulang (jaringan yang memasok aliran listrik bertegangan 20 ribu volt dari gardu induk) dan 69 dari 104 gardu (66% gardu) yang padam sejak banjir bandang menerjang Kabupaten Jayapura pada Sabtu (16/3/2019) lalu.

Hal itu dinyatakan General Manager PLN Unit Induk Wilayah Papua & Papua Barat Ari Dartomo melalui siaran persnya, Rabu (20/3/2019). Hingga Selasa (19/3/2019) pukul 20.15 WP, pasokan listrik ke sejumlah lokasi telah dipulihkan.

Lokasi tersebut antara lain Doyo Bambar, BTN Doyo grand, BTN Polda, BTN Doyo Kota, jln. Doyo Baru, RS Yowari, BTN Puskopad, BTN Mika Nauli, BTN Depan Polres, Ifar Gunung, Kampung sereh, dan Kehiran. Aliran listrik di BTN Polda, Kampung Yoboi, Jalan Kemiri, Jalan Sosial, Tabita, Pasar Baru, BTN Sosial, Sosiri 2, Kali Ular, Kertosari, Doyo Transad, Doyo Kompi, Lintas Utara, Boroway, Yakonde, Konda, dan Akuatan juga telah dipulihkan.

Baca Gemuruh murka Robhong Holo

Loading...
;

“Akan tetapi, aliran listrik Waibron, Tablanusu, Tablsupa, Depapre dan BTN Gajah Mada belum menyala. PLN meminta maaf atas ketidaknyamanannya itu,” ujar Ari dalam siaran pers Rabu.

Ari menyatakan 93 petugas PLN terus berusaha memulihkan sistem kelistrikan di daerah Sentani dan sekitarnya. Para terbagi dalam delapan tim dengan fokus pekerjaan perbaikan jaringan yang mengalami kerusakan.

“Pasca bencana kemarin, sebesar 5,2 MW beban daya yang tidak tersuplai. Namun, saat ini kurang lebih tinggal 1,7 MW sisa daya yang belum dapat tersuplai kepada masyarakat. Sebagian besar daerah yang masih mengalami pemadaman adalah Depapre dan Genyem. Pemulihan aliran listrik terkendala akses jalan menuju Depapre dan Genyem” ujar Ari. Banjir susulan yang terjadi pada Senin (18/3/2019) malam mengakibatkan beberapa akses jalan terputus sehingga menghambat proses pemulihan pasokan listrik.

Baca Ketika Robong Holo mengamuk

“Banjir bandang tersebut juga mengakibatkan beberapa Tower Transmisi SUTT 70 kV Genyem – Sentani rusak. Kami berencana mengalirkan listrik melalui Jaringan Tegangan Menengah (JTM) 20 kV,” ujar Ari.

Data sementara yang telah dihimpun PLN memperkirakan pada Sabtu dan Minggu sejumlah 14.083 pelanggan kehilangan pasokan listrik. “Namun hingga Senin telah kita nyalakan 12.310 pelanggan (82,38%) dan yang masih mengalami pemadaman 1.773 pelanggan,” ujarnya.

Hujan sangat deras yang mengguyur Kabupaten Jayapura sepanjang Sabtu malam telah mengakibatkan banjir bandang yang menerjang sembilan kelurahan di Kabupaten Jayapura. Hujan deras juga mengguyur Kota Jayapura sepanjang Sabtu malam, dan menyebabkan tanah longsor yang menimbul rumah warga di Bukit Ampera, Kota Jayapura pada Minggu dini hari.

Baca Hari ketiga, 38 jenazah sudah diidentifikasi

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah (Polda) Papua Komisaris Besar AM Kamal menyatakan hingga Selasa pukul 20.30 posko induk penanganan bencana banjir bandang di Kantor Bupati Jayapura di Sentani telah mencatat jumlah korban meninggal karena banjir badang  dan tanah longsor itu 97 orang.

Sejumlah 81 jenazah korban telah dikirimkan ke Rumah Sakit Bhayangkara Kota Jayapura, dan sejumlah 38 jenazah telah teridentifikasi. Pada Rabu, tim Disaster Victim Identification Polda Papua melanjutkan proses identifikasi 43 jenazah lainnya. (*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top