HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Sejumlah anak jalanan akan ditempatkan di rumah rehabilitasi

Sejumlah anak jalanan akan ditempatkan di rumah rehabilitasi

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Jayapura, Jubi – Data Dinas Sosial Kota Jayapura, hingga Desember 2018, anak-anak jalanan termasuk pengguna lem aibon di wilayah tersebut mencapai 142 orang.

Melihat kondisi tersebut, Dinsos setempat memaksimalkan pelayanan, yaitu menempatkan anak-anak jalanan tersebut untuk dibina dan direhabilitasi.

"Awal Februari 2019 sudah berjalan. Sambil kami menunggu bangunan bekas asrama Port Numbay yang saat ini sedang direhab," kata Kepala Dinas Sosial Kota Jayapura, Irawadi, di Kantor Wali Kota Jayapura, Senin (28/1/19).

Namun, pihaknya masih melakukan pendataan kembali, apakah jumlah anak jalanan tersebut masih tetap atau sudah kembali kepada keluarganya.

"Saat ini kami masih melakukan pembenahan dari sisi data dan pembinaan dalam acara dan pelatihan sehingga huhungan pemerintah dan anak-anak jalanan tetap terjalin," ujarnya.

Menurutnya, penanganan untuk anak-anak jalanan selama ini terus ditingkatkan dengan berbagai kegiatan seperti aktivitas pembinaan rohani, pengetahuan dan keterampilan agar tidak lagi kembali menjadi anak jalanan akibat tidak mendapatkan perhatian dari keluarganya.

"Pembinaan tersebut berupa pembinaan psikologi, keagamaan, disekolahkan hingga pembinaan keterampilan sesuai dengan talenta masing-masing agar masa depan anak-anak jalanan ini menjadi lebih baik," katanya.

Seorang aktivis sosial, Sakalias Hera mengatakan, masih banyak anak-anak jalanan yang belum mendapatkan penanganan sehingga butuh perhatian dan kerjasama dari semua pihak, yang dilakukan secara bertahap.

"Kota dengan pertumbuhan penduduk yang meningkat pasti banyak warga yang mencari kehidupan di Kota Jayapura sehingga dengan kondisi yang tidak memprihatinkan dan faktor ekonomi sehingga  banyak yang menjambret, konsumsi alkohol dan menghirup lem aibon," tuturnya. (*)

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Populer

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)