Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Sejumlah ikan ditemukan mati di Teluk Triton

Ikan yang ditemukan mati di Perairan Teluk Triton, Kaimana – Antara/Tim Monitoring Ekologi Laut Papua Barat.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Kaimana, Jubi – Tim Pemantau Ekologi Laut Papua Barat menemukan kematian beberapa jenis ikan di  kawasan konservasi perairan daerah Teluk Triton, Kaimana. Kematian ikan tersebut mereka dapati di dasar laut saat penyelaman.

“Tim saat menyelam mendapati kerapu, kakatua, baronang, dan beberapa jenis ikan lain mati. Penyelaman dilakukan di kawasan Burway, seperti perairan Walker’s Reef, Pulau Paniki, Sifes, Tanjung Enau, Lawora, Firiam, dan Rep Taruri,” kata anggota Tim Pemantau Ekologi Laut Papua Barat Purwanto, Jumat (6/12/2019).

Penyebab kematian ikan belum diketahui pasti karena baru hendak diteliti. Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kaimana telah mengambil sejumlah sampel dan mengirimkannya ke pusat penelitian Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) di Ambon, Maluku.

Tim pemantau ekologi laut terdiri atas para ahli dan praktisi dari sejumlah lembaga konservasi, Balai Taman Nasional Teluk Cenderawasih, serta DKP Papua Barat dan Kaimana. Mereka juga memantau kondisi terumbu karang di Teluk Triton.

“Kondisi terumbu karang sehat walaupun tutupannya lebih rendah daripada di Raja Ampat dan Teluk Cenderawasih. Karang keras hidup yang berukuran besar dan berwarna-warni masih ditemukan di Kaimana,” jelas Purwanto.

Loading...
;

Dia melanjutkan ancaman terbesar bagi kelestarian terumbu karang tersebut ialah sedimentasi, polusi, dan penangkapan ikan tidak ramah lingkungan. Penggunaan bom dan dan bius, serta penangkapan yang berlebihan dapat merusak dan menurunkan kualitas kesehatan terumbu karang. (*)

 

Editor: Aries Munandar

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top