Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Sejumlah mahasiswa eksodus wilayah Meepago ditangkap di Nabire

Posko Mahasiswa eksodus di Nabire Jubi/Titus Ruban.

Terkait rencana aksi anti rasisme yang tidak diizinkan oleh aparat keamanan.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Nabire, Jubi, Sejumlah mahasiswa eksodus wilayah Meepago di Nabire dikabarkan telah ditangkap oleh aparat gabungan TNI dan Polres Nabire pada Senin (4/11/2019). Penangkapan diduga terkait rencana aksi anti rasisme yang tidak diizinkan oleh aparat keamanan.

“Ada beberapa kawan – kawan yang pagi tadi diangkut pihak keamanan. Tapi kami sendiri belum tahu berapa jumlahnya, ” kata Koordinator aksi umum Mahasiswa Eksodus wilayah Meepago, Email Wakei.

Baca juga :Bupati imbau mahasiswa eksodus asal Yalimo kembali kuliah

Loading...
;

Asrama Mahasiswa Nabire di Kampkey terbakar, Pemkab diminta turun tangan

Mahasiswa eksodus tolak didata Pemda

Email mengatakan penangkapan terjadi dibeberapa tempat di antaranya depan RSUD Nabire, depan hotel Jepara Indah,  pasar Karang Tumaritis dan depan Uswim.

Ia mengaku telah menyampaikan pemberitahuan rencana aksi ke Polres Nabire dengan catatan aksi tetap akan dilakukan pada hari ini. Namun ia Email menyebut kepolisian tidak memberi izin rencana aksi yang hendak digelar.

Menurut dia, para mahasiswa sejak pagi berkumpul di beberapa tempat,  namun mereka telah ditangkap lebih dulu sebelum menggelar aksi.

“Kami sudah cek ke Polsek sebagai yang menangkap tapi tidak diberitahukan berapa jumlahnya,” kata Email menjelaskan.

Rencananya mahasiswa mengelar aksi dengan beberapa tuntutan menolak rasisme dan minta pemerintah membuka ruang demokrasi seluas luasnya di seluruh Tanah Papua. Termasuk dorongan agar pemerintah menarik pasukan TNI non organik dari seluruh Papua.

Legislator Papua Jhon NR Gobai, minta Kapolda Papua segera membebaskan jika mahasiswa Nabire yang ditangkap itu. “Jika ada yang ingin melakukan aksi maka seharusnya diberikan izin, bukan ditangkap,” kata Gobai.

Gobai juga minta Bupati Nabire sebagai ketua asosiasi Bupati se – wilayah Meepago untuk melakukan dialog dengan para mahasiswa. “Karena Bupati Nabire adalah ketua asosiasi,” kata Gobai menambahkan. (*)

Editor : Edi Faisol

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top