Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Sekda Papua minta bupati dan wali kota buat program yang bermanfaat

Sekretaris Daerah Papua, Hery Dosinaen saat menyerahkan DIPA 2020 kepada perwakilan kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah – IST

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jakarta, Jubi – Sekretaris Daerah Provinsi Papua Hery Dosinaen menyerahkan secara simbolik Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran atau DIPA Tahun Anggaran 2020 kepada pemerintah kabupaten/kota. Dosinaen mengingatkan para bupati dan wali kota untuk membuat program yang tepat sasaran.

Penyerahan DIPA itu dilakukan di Jayapura, Papua, pada Rabu (20/11/2019). “Buatlah program yang bermanfaat,” kata Hery Dosinaen saat menyerahkan DIPA 2020 dan daftar alokasi dana transfer ke daerah di Jayapura, Rabu (20/11/2019).

Dosinaen juga meminta seluruh aparatur sipil negara menjaga amanah atas setiap rupiah anggaran yang dikumpulkan dari pajak dan penerimaan negara bukan pajak. Anggaran itu harus dimanfaatkan untuk kegiatan yang memberikan nilai tambah kepada pembangunan serta menyejahterakan rakyat.

Ia tekankan, kebijakan Presiden Jokowi lewat APBN sangat luar biasa, sehingga sebagai perwakilan pemerintah di daerah harus serius terhadap kebijakan-kebijakan yang sudah diberikan. “Pemerintah daerah di Papua wajib mendukung dan menyukseskan pelaksanaan lima program prioritas kerja. Jangan [sampai] anggaran [justru] lebih banyak dipakai untuk perjalanan dinas dan makan-makan, dibanding menjalankan program yang pro rakyat,” ujarnya.

Ditempat yang sama, Kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Papua Arif Wibawa, mengatakan alokasi anggaran belanja negara tahun 2020 di Papua sebesar Rp63,98 triliun. Besaran anggaran belanja negara di Papua itu meningkat 3,2 persen dibanding tahun sebelumnya.

Loading...
;

Besaran alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) untuk Provinsi Papua serta pemerintah kabupaten/kota mencapai Rp47,3 triliun. Sedangkan alokasi dana desa di Papua mencapai Rp5,41 triliun. “Peningkatan alokasi menjadi salah satu perwujudaan komitmen pemerintah untuk membangun Indonesia dari pinggiran,” kata Arif. (*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top