Sekda Papua : perekaman e-KTP murni untuk dapatkan data valid

Sekda Papua : perekaman e-KTP murni untuk dapatkan data valid

Papua No. 1 News Portal | Jubi 

Jayapura, Jubi – Sekretaris Daerah Papua Hery Dosinaen, menyatakan perekaman KTP elektronik (e-KTP) yang saat ini masih berlangsung di Bumi Cenderawasih murni untuk mendapatkan data penduduk yang valid.

Untuk itu, dirinya meminta petugas kependudukan dan catatan sipil (Dukcapil) di setiap kabupaten/kota, turun ke kampung-kampung untuk melakukan perekaman. Begitu juga kepada masyarakat diimbau mendatangi kantor Dukcapil atau pun tempat-tempat yang sudah disediakan untuk melakukan perekaman.

"Petugas Dukcapil dan masyarakat harus pro aktif dalam hal perekaman, agar persentase yang selama ini masih rendah bisa bertambah," kata Hery, di Jayapura kemarin.

Di samping itu, ia juga meminta agar Dinas Sosial Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi Papua harus memberikan instruksi kepada setiap kepala daerah untuk mempercepat perekaman e-KTP dengan menerapkan sistem mobile (jemput bola).

Sementara menyangkut kearifan lokal, ia menyarankan agar setiap kepala daerah melibatkan para tokoh agama dan tokoh adat di wilayah masing-masing untuk mensosialisasikan kepada masyarakat.

"Hilangkan stigma yang selama ini ada di masyarakat, sebab perekamanan KTP murni untuk mendapat data valid kependudukan," katanya lagi.

Kepala Dinas Sosial Kependudukan dan Catatan Sipil Papua, Ribka Haluk mengatakan selama di Papua, tim dari kementrian sudah mendatangi beberapa kabupaten seperti, Puncak Jaya, Paniai, Dogiyai serta beberapa daerah rawan.

"Demi meningkatkan persentase perekaman e-KTP di Papua, tim harus merasakan betul apa yang kami alami selama ini," kata Haluk.

Mengenai target, ujar ia, pihaknya tidak bisa memastikan akan mencapai 100 persen, namun paling tidak sampai di angka 70 persen lebih.

"Kami bersyukur daerah yang dulunya nol persen, kini rata-rata sudah mencapai 10 persen. Tinggal Puncak Jaya, Yahukimo, Pegunungan Bintang, Paniai, Nduga, Deiyai, Tolikara dan Lanny Jaya yang terus di genjot presentasenya," ujarnya. (*)

 

 

loading...

Leave a Replay

Leave a Comment

Populer

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

loading...