Sekertaris Bidang Politik Kedubes AS kunjungi Jayawijaya dan Manokwari

Sekertaris Bidang Politik Kedubes AS kunjungi Jayawijaya dan Manokwari

Sekertaris Bidang Politik Kedutaan Besar Amerika Serikat, Meridith Champlin bertandang ke kantor LP3BH Manokwari, Papua Barat, Jumat (22/3/2019). – Jubi/Dok. LP3BH Manokwari

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Manokwari, Jubi –  Sekertaris Bidang Politik Kedutaan Besar Amerika Serikat, Meridith Champlin menemui sejumlah pemangku kepentingan di Manokwari, ibukota Provinsi Papua Barat, Jumat (22/3/2019) untuk mendiskusikan situasi Pemilihan Umum 2019 di Papua Barat. Selain itu, Champlin mendiskusikan potensi dampak akan berakhirnya alokasi dua persen Dana Alokasi Umum dalam perhitungan Dana Otonomi Khusus bagi Provinsi Papua dan Papua Barat.

Dalam agenda kunjungannya di Manokwari, Jumat (22/3/2019), Champlin menemui Direktur dan para kepala divisi di Lembaga Penelitian, Pendidikan dan Pengembangan Bantuan Hukum (LP3BH) Manokwari, dan bertukar informasi. “Kunjungan saya ke Papua pada Rabu, lalu ke Papua Barat pada hari ini, juga berkenaan dengan peringatan 70 tahun berlangsungnya hubungan diplomatik Amerika Serikat dan Indonesia,” ujarnya.

Dalam pertemuan dengan sejumlah pemangku kepentingan itu, Champlin mendiskusikan perkembangan Otonomi Khusus bagi Provinsi Papua dan Papua Barat. Desakan evaluasi pelaksanaan Otonomi Khusus sebagai bahan untuk merumuskan materi revisi Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2001 tentang Otonomi Khusus Papua menjadi salah satu topiknya. Selain bertemu kelompok sipil dan LSM, Meredith juga menemui pemerintah daerah, Kepolisian dan Akademisi.

Yan Christian Warinussy, Direktur eksekutif LP3BH Manokwari mengatakan dalam kunjungannya Champlin membicarakan sejumlah poin penting yang bisa menjadi catatan dan bahan evaluasi menyangkut masalah Pemilihan Umum 2019, pendidikan politik, otonomi khusus, dan pemenuhan hak asasi manusia.

“Diskusi dalam pertemuan kami dengan Ny.Meredith cukup banyak, namun beberapa hal mendasar yang disebutkan di atas itulah yang saat ini turut menjadi perhatian dunia,” ujar Yan.

Sebelumnya, Meredith Champlin berkunjung ke Kabupaten Jayawijaya dan sejumlah daerah lain di Provinsi Papua. Dia juga berkesempatan melihat langsung posko pengungsian dan sekolah darurat masyarakat Nduga di halaman Gereja Kingmi, Jemaat Weneroma. (*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Populer

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)