HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Sekolah berasrama dan telemedicine diharapkan mempercepat pembangunan SDM di Papua

Menteri PPN/Bappenas (berdiri kedua dari kiri) didampingi Sekretaris Daerah Provinsi Papua saat memantau aktifitas belajar siswa SMA Negeri 3 Jayapura menyusun laporan ilmiah di laboratorium komputer. – Jubi/Jean Bisay

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional atau PPN/Bappenas, Prof Dr Bambang PS Brodjonegoro meluncurkan sekolah terintegrasi berpola asrama dan pelayanan kesehatan jarak jauh di Provinsi Papua, Rabu (9/8/2019). Kedua program itu diharapkan membuat lompatan dalam upaya pembangunan sumberdaya manusia yang unggul di Papua.

Peluncuran sekolah terintegrasi berpola asrama dan pelayanan medis jarak jauh atau telemedicine di Provinsi Papua itu dipusatkan di SMA Negeri 3 Jayapura. Bambang menjelaskan, kedua program itu merupakan bagian dari rencana aksi percepatan pembangunan kesejahteraan Papua dan Papua Barat tahun 2018-2019.

Rencana aksi 2018-2019 itu difokuskan kepada peningkatan pelayanan dasar di bidang kesehatan dan pendidikan. Dalam program sekolah terintegrasi berpola asrama dan pelayana kesehatan jarak jauh itu, Bappenas mendapatkan dukungan dari para profesor Diaspora Indonesia di Amerika Serikat yang tergabung dalam Indonesian American Society of Academics (IASA).

“Kedua program tersebut dimaksudkan untuk mewujudkan lompatan pendidikan serta pembangunan sumberdaya manusia yang unggul di Papua dan peningkatan kesehatan umummasyarakat Papua,” kata Bambang P.S. Brodjonegoro.

Loading...
;

Bambang menyatakan sekolah terintegrasi berpola asrama yang digagas itu IASA adalah baru pertama kali diterapkan di Indonesia. Sementara program pelayanan medis jarak jauh berfokus kepada penggunaan alat telekomunikasi untuk memberikan informasi dan pelayanan medis jarak-jauh. Program itu memanfaatkan teknologi satelit untuk menyiarkan konsultasi di antara berbagai fasilitas kesehatan kedua negara, serta memakai peralatan video conference atau teleconference.

Usai meluncurkan kedua program itu, Bambang meninjau fasilitas pelayanan medis jarak jauh yang ada di Puskesmas Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupten Jayapura. Di Puskesmas Kampung Harapan, Bambang bersama Sekretaris Daerah Provinsi Papua Hery Dosinaen dan Bupati Jayapura Mathias Awoitauw melakukan teleconference dengan pihak Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.(*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top