Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Sekolah di Yahukimo diminta mengaktifkan kembali proses pelajar mengajar

Siswa sekolah dasar yang sedang bermain di halaman sekolah – Jubi/Engel Wally

Papua No. 1 News Portal | Jubi
Jayapura, Jubi – Sejak demo damai yang dilakukan masyarakat Yahukimo beberapa waktu lalu, hingga kini proses belajar mengajar di di Kota Dekai lumpuh total.

Proses pendidikan lumpuh total. Guru-guru tidak ada di tempat dan sudah mengungsi ke Jayapura. “Semua pihak harus turut memulihkan pendidikan di kabupaten Yahukimo,” kata ketua KNPI Yahukimo Nikanus Pahabol melalui sambungan telepon Rabu (16/10/2019)

“Kita tidak perlu rugi dua-dua karena mahasiswa eksodus, adik-adik kami tidak bisa sekolah, kita akan korbankan sumber daya manusia Yahukimo.”

“Masa depan Yahukimo ada di generasi muda, maka KNPI bersama seluruh komponen akan duduk bicara, agar semua proses pelajar mengajar bisa berlangsung lagi dengan baik,” .

Menurutnya, sebenarnya adik-adik Yahukimo ingin sekolah tetapi ada informasi tidak benar dan terlanjur beredar, menyebut jika ada yang pakai seragam ke sekolah akan mendapatkan halangan dari mahasiswa eksodus.

Loading...
;

“Itu sebenarnya tidak benar, kami akan lakukan pertemuan agar para siswa ini bisa mengikuti ujian semester pada tahun ini,”ujarnya.

Pihaknya mengimbau orangtua dan pemuda Yahukimo untuk sama-sama bangun daerah dengan pikiran jernih. Biarkan adik-adik Yahukimo meraih cita-cita dengan membiarkan mereka sekolah.

Sementara itu, Kapolres Yahukimo AKPB. Angling Guntoro menjelaskan situasi di Kota Dekai pada umumnya aman dan kondusif. Aktivitas masyarakat berjalan normal. Ada pun masalah pendidikan, menurutnya itu tanggungjawab pemerintah daerah.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Yahukimo, Naftali Elopere, saat di hubungi melalui sambungan telepon, tidak memberi respons. Pesan pendek yang dilayangkan Jubi juga tidak berbalas. (*)

Editor: Syam Terrajana

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top