Sekolah dipalang, kepsek ancam gelar ujian di jalan raya 

Sekolah dipalang, kepsek ancam gelar ujian di jalan raya 

Siswa kelas V SD YPK Onomi Felafauw yang sedang ujian kenaikan kelas di halaman Gereja GKI Onomi Felafauw Sentani – Jubi/Engel Wally

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Kepala Sekolah SD YPK Onomi Felafauw, Sentani, Kabupaten Jayapura, Anace Aibekop, mengancam akan membawa anak-anak muridnya melaksanakan ujian kenaikan kelas di jalan raya. Hal ini, dampak dari sekolah yang biasa digunakan selama ini kembali dipalang oleh pemilik hak ulayat.

“Besok pagi saya akan bawa anak-anak sekolah ini untuk laksanakan ulangan di jalan raya, kami sudah menyurati pihak keamanan terkait rencana ini,” tegas Abeikop, saat ditemui di halaman Gereja GKI Onomi Felafauw, Senin (13/5/2019).

Dikatakan, pihaknya sudah sangat muak dengan kondisi yang selalu menghantui jalannya proses belajar mengajar di SD YPK Onomi Felafauw.

Generasi ini mau dibawa kemana, tanya Anace, kalau persoalan palang memalang fasilitas pendidikan terus dilakukan. Sekolah ini sudah dipalang sejak Jumat (10/5/2019), respons pemerintah daerah, khusus dinas terkait, dinilainya sangat lambat.

Lanjut Abeikop, pihak sekolah sudah menyurati Klasis GKI di Tanah Papua, YPK,  PSW, bahkan pemerintah daerah agar segera menyelesaikan tuntutan ganti rugi yang diminta oleh pemilik hak ulayat.

“Ini kali kelima sekolah kami dipalang, pemilik hak ulayat minta ganti rugi Rp1,5 miliar. Kasihan anak-anak ini terpaksa ikut ulangan di halaman gereja, di para-para, bahkan bersandar ditembok untuk menulis,” ungkapnya.

Sementara Itu, Lidia Kapisa, salah satu orang tua wali murid, merasa prihatin dengan kondisi yang dihadapi pihak sekolah, secara khusus anak-anak yang saat ini sedang mengikuti ujian kenaikan kelas.

“Pemerintah, pihak gereja, dan yayasan harus segera mengambil langkah penyelesaian persoalan yang dihadapi oleh pihak sekolah dan secara khusus proses belajar anak-anak yang menghadapi ulangan,” pungkasnya. (*)

Editor: Dewi Wulandari 

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Populer

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)