Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Sekolah rekrut siswa hingga ke pedalaman Merauke

Anak-anak di Kampung Kaliki, Distrik Kurik, Kabupaten Merauke – Jubi/Frans L Kobun.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Merauke, Jubi – Pihak SMP/SMA Syalom Kaliki masih terus bergerak mendata calon siswa baru dengan mendatangi sejumlah perkampungan. Upaya itu dilakukan agar warga usia wajib sekolah setempat tetap mendapatkan hak mengenyam pendidikan layak.

“Kami sudah bergerak ke Kampung Baad, Wayau, Senegi, dan Kaisa serta Koa. Ini sebagai tugas dan tanggung jawab demi generasi berikutnya,” kata Kepala SMP/SMA Syalom Kaliki Sergius Womsiwor kepada Jubi, Senin (13/1/2020).

SMP/SMA Syalom Kaliki berada di Kampung Kaliki, Distrik Kurik, Kabupaten Merauke. Sekolah tersebut menerapkan sistem pendidikan terintegrasi berpola asrama.

Layanan pendidikan masih sangat sulit diakses di sejumlah kampung di Kurik. Keterbatasan infrastruktur dasar menjadi salah satu kendalanya.

“Dari pemantauan saya, akses untuk mendapat layanan pendidikan sangat sulit (bagi warga) di kampung-kampung.  Jalan juga rusak parah sehingga sering mengganggu layanan pendidikan,” ungkap Womsiwor.

Loading...
;

Dia menambahkan keseluruhan proses pendidikan di sekolah mereka dilaporkan secara berjenjang ke Pimpinan Gereja Kristen Injili (GKI) dan BPK YPK di Tanah Papua. Pihak sekolah juga berencana mengundang Gereja Katolik maupun Protestan serta pemerintah dan para pemangku kepentingan untuk mengunjungi sekaligus mendoakan layanan pendidikan di Kampung Kaliki.

“Saya berterima kasih kepada Bapak J Modouw. Meskipun sibuk sebagai staf ahli Mendikbud (Menteri Pendidikan dan Kebudayaan), (Modouw) terus memberi arahan serta nasihat (kepada pihak sekolah),” kata Womsiwor.

Anggota DPRD Merauke Moses Kaibu mendukung kiprah sekolah berpola asrama di Kampung Kaliki. “Mereka mengakomodasi (memberi kesempatan) kepada anak-anak Papua (bersekolah).” (*)

 

Editor: Aries Munandar

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top