Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Sekolah-sekolah dasar di Tonga tutup sementara akibat campak

Anak-anak sekolah di Tonga. – Kaniva Tonga

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Nukuʻalofa, Jubi – Sekolah-sekolah dasar di Tonga telah ditutup sejak Kamis, 14 November kemarin, hingga 25 November mendatang setelah jumlah kasus campak meningkat menjadi 177 pasien.

“Jadwal penutupan ini bisa diperpanjang tergantung arahan dari Kementerian Kesehatan,” tertulis dalam sebuah pernyataan. Proses belajar mengajar di sekolah-sekolah menengah atas akan berjalan seperti biasa, sedangkan program imunisasi akan diberlakukan sebagai bagian dari upaya untuk melawan wabah campak.

Orang-orang tua disarankan untuk mengurung anak-anak mereka di dalam rumah selama periode ini, untuk membatasi kontak mereka dengan anak-anak lain yang mungkin terkena campak. Para pelajar juga diminta untuk tidak bepergian ke pulau-pulau terpencil di Tonga untuk mengurangi risiko penyebaran penyakit campak.

Dr. Reynold Ofanoa berkata, setelah ditelusuri, virus yang beredar di Tonga itu ditetapkan berasal dari Selandia Baru. ”Sebagian besar kasus yang kita deteksi awalnya adalah dari anggota-anggota tim rugby nasional,” kata Dr. Ofanoa kepada TVNZ.

Loading...
;

Disadur dari Radio New Zealand, badan kesehatan Tonga diharapkan akan melakukan imunisasi ulang atas setidaknya 20.000 orang, setelah ditemukan bahwa ada kemungkinan beberapa vaksinasi yang pernah digunakan sebelumnya tidak efektif. CEO Kementerian Kesehatan Tonga, Siale ‘Akau’ola berkata dari kasus-kasus yang dilaporkan di negara itu, 43 pasien dilaporkan sudah mendapatkan dua dosis vaksin, sesuai rekomendasi yang disarankan untuk perlindungan terhadap virus ini.

Sejak wabah campak dinyatakan di Selandia Baru, ia telah menyebar ke Fiji dan Tonga, dan menyebabkan kematian setidaknya empat orang di Samoa. Upacara wisuda University of the South Pacific (USP) 2019 di Samoa telah dibatalkan untuk mencegah penyebaran campak, menurut surat kabar Samoa Observer. (Kaniva Tonga)

 

Editor : Kristianto Galuwo

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top