Sekretariat MSG umumkan tim pengamat Pemilu Kepulauan Solomon

Sekretariat MSG umumkan tim pengamat Pemilu Kepulauan Solomon

Pensiunan diplomat dan politisi, Ratu Inoke Kubuabola dari Fiji, akan memimpin tim MSG – Observer Group (MSGOG) Kepulauan Solomon 2019. – Fiji Sun

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Port Vila, Jubi – Sekretariat Melanesian Spearhead Group (MSG) mengumumkan anggota Tim Pengamat MSG yang akan dikerahkan untuk memantau Pemilu Nasional Kepulauan Solomon, 3 April 2019, menyusul undangan Pemerintah Kepulauan Solomon.

Program pengamat pemilu MSG, atau Election Observation Programme, adalah bagian dari pekerjaan Sekretariat itu di bawah Program Urusan Politik dan Keamanan sejak 2014. Kelompok Pengamat Multinasional MSG yang pertama dikirim untuk mengamati pemilu di Fiji, pada September 2014.

Sejak itu, MSG – Observer Group (MSGOG) mengamati pemilu di berbagai negara anggotanya. Contohnya termasuk mengamati pemilu awal Vanuatu pada Januari 2016, pemilu nasional Papua Nugini pada Juli 2017, serta pemilu nasional Fiji pada November 2018. Pada November 2018, sekelompok pengamat MSGOG juga berpartisipasi dalam Referendum Kaledonia Baru.

Direktur Jenderal MSG, Duta Besar Amena Yauvoli, saat menyambut tim pengamat itu, menyinggung laporan-laporan pengamatan MSG sebelumnya bahwa, walaupun masih ada ruang untuk perbaikan, khususnya dalam bidang tata kelola, transparansi, dan akuntabilitas pemilu, secara umum ada peningkatan yang stabil, karena orang-orang di negara-negara MSG dapat berpartisipasi secara bebas dalam memilih perwakilan pemerintah mereka.

Yauvoli juga menjelaskan, pekerjaan misi pengamatan pemilu biasanya dipandu oleh kerangka acuan kerja yang ditetapkan oleh negara tuan rumah, dan tugas pengamatan dilakukan dengan memberikan penilaian yang netral atas suasana pemilu, dengan menekankan isu-isu utama seperti apakah rakyat memiliki akses dalam memilih, apakah UU yang mengatur penyelenggaraan pemilu negara tuan rumah dipatuhi, apakah pemungutan suara itu bebas, adil, dan damai, dan isu-isu lainnya.

“Bidang-bidang seperti ini yang akan kami targetkan saat pengamatan di Honiara nanti,” kata Yauvoli.

Yauvoli dengan bangga mengumumkan, anggota MSGOG ke Kepulauan Solomon 2019 terdiri dari warga negara terhormat dari negara-negara anggota MSG lainnya.

MSGOG Kepulauan Solomon 2019 akan dipimpin oleh pensiunan diplomat dan politisi, Ratu Inoke Kubuabola, dari Fiji, dan didukung oleh Martin Tete (Ketua Komisi Pemilu Vanuatu), Leonard Louma (Pegawai Negeri Sipil, mantan diplomat PNG), serta Rodrique Tiavouane dari FLNKS di Kaledonia Baru. Kelompok itu juga didukung oleh tim dari Sekretariat MSG.

Tim MSGOG diperkirakan akan sampai di Kepulauan Solomon sebelum akhir Maret ini, untuk menyelesaikan pengaturan logistik yang diperlukan di Honiara, sebelum menempatka tim itu ke berbagai lokasi di seluruh Kepulauan Solomon. (PINA/MSG Secretariat/PACNews)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Populer

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)