Seluruh logistik Pemilu di TPS 051 Wamena hilang

Seluruh logistik Pemilu di TPS 051 Wamena hilang

Lokasi TPS 051 di jalan Patimura, Wamena yang seluruh logistiknya hilang-Jubi/Islami

Wamena, Jubi – Pada hari pencoblosan di Distrik Wamena, Rabu (17/4/2019) terjadi kehilangan seluruh logistik untuk TPS 051 , di depan salah satu toko di jalan Patimura.

Komisi Pemilihan Umum yang mendengar hal itu, langsung melakukan pencarian.Namun hingga pukul 15.00 WP logistik tersebut belum juga ditemukan.

“Jadi seluruh logistik untuk TPS 051 hilang, sehingga kami terus berupaya mencari tetapi tidak dapat juga,” kata Ketua KPU Jayawijaya, Sonimo Lani saat dikonfirmasi di ruang kerjanya.

Kata dia, setelah dilakukan kroscek di lapangan, ternyata mulai penyaluran dari gudang PPD melalui PPS ke KPPS, siapa yang ambil dan siapa yang bawa sampai hari ini belum diketahui siapa yang melakukan itu.

“Kita terus upayakan harus dapat. Sedangkan logistik yang diantar ke TPS 051 itu merupakan logistik TPS 049 yang seharusnya berada di depan kantor ORARI Jayawijaya, tetapi logistik itu sudah dikembalikan ke TPS asalnya. Sedangkan untuk di TPS 051, masyarakat belum dapat menyalurkan hak pilihnya.

Meski begitu, dari hasil pantauan KPU di lapangan di empat daerah pemilihan, Sonimo Lani mengaku 70 persen proses pemilihan berjalan aman, meski ada beberapa hal teknis di lapangan yang terjadi.

“Seperti ada laporan jika TPS tidak ada formulir C1, padahal petugas PPS tidak memeriksa di seluruh kotak suara yang dikirim ke setiap TPS, dan ketika dicek lagi ternyata ada,” katanya.

Di sisi lain juga, ada pula kesalah pahaman antara petugas KPPS dan PSS di kampung dengan kepala kampung.

Dia menduga, ada suatu intervensi-intervensi dari kepala kampung sebagai pembina politik di setiap kampung kepada petugas di TPS, namun ketika KPU bersama Bawaslu setempat turun untuk meluruskan hal itu, semua berjalan seperti biasa.

Kapolres Jayawijaya, AKBP Tonny Ananda Swadaya mengklaim pada umumnya pelaksanaan pemilu di Jayawijaya berjalan aman. Ada 400 personel polisi untuk pengamanan di Wamena, diperkuat Polsek yang ada.

“Begitu juga di distrik lain di Jayawijaya, laporan personel di lapangan, seluruh tahapan pencoblosan berjalan aman,” kata Kapolres.

Sementara Bupati Jayawijaya, Jhon R Banua melihat antusiasme masyarakat untuk datang ke TPS menyalurkan hak pilihnya sangat baik dan berjalan lancar.

“Kita berharap tahapan Pilpres dan Pileg ini sampai dengan perhitungan suara tidak ada masalah, pemerintah daerah bersama pihak keamanan memback up pelaksanaan Pemilu ini.

Dirinya juga mengaku telah memantau mendapat laporan sudah ada TPS yang mulai melakukan perhitungan suara seperti di Asotipo juga di beberapa kampung lainnya. “Mudah-mudahan distrik yang lainnya juga sudah memberikan laporan semua berjalan dengan baik,” kata Banua. (*)

Editor: Syam Terrajana

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Populer

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)