Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Seribuan warga di Kota Jayapura terima BPNT

Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto (batik abu-abu) didampingi Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano (batik kuning) saat menemui salah satu penerima bantuan – Jubi/Ramah

Papua No. 1 News Portal | Jubi 

Jayapura, Jubi – Sebanyak 1055 warga yang menjadi peserta Program Keluarga Harapan (PKH) di lima distrik di Kota Jayapura telah menerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Tahap I 2019 dari Menteri Sosial Republik Indonesia.

Penyaluran BPNT ini bertempat di GOR Waringin Kotaraja, Jumat (8/2/19). Pelaksanaan program jaminan sosial itu diserahkan secara langsung Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto.

“Harapan saya kepada penerima bantuan agar dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. PKH ini agar memberikan perlindungan kepada masyarakat mulai dari pendapatan dan konsumsi,” katanya.

Dijelaskan, husus untuk Papua, penerima bantuan setiap tahapnya mendapat bantuan Rp1,6 juta. Bantuan ini diberikan hingga  tahap ke empat.

Bantuan ini sesuai aturan harus dibelikan beras dan telur untuk menjamin kebutuhan protein anggota keluarga. Agar warga dengan mudah membelanjakan bantuan yang sudah diberikan, difasilitasi melaui agen penjualan e-warung di Bank BNI dan Mandiri.

“Di Papua penerima bantuan baru 80 persen sudah terealisasi. Bantuan per tahun di Papua Rp149,8 miliar dan Kota Jayapura menerima Rp17,7 miliar. Penerima PKH ada Rp14,5 miliar bagi 8656 KPN dan BPNT Rp2,2 miliar bagi 19769 KPN,” ungkapnya.

Loading...
;

Diungkapkan, sejak diluncurkannya program PKH pada 2015 dipandang sangat efektif dan mengurangi kesenjangan sosial sehingga kemiskinan di Indonesia terus turun, mulai dari 9,82 menjadi 9,66 persen.

“Sudah ada 10 juta penerima KPM se-Indonesia. Anggaran 2019 sebanyak 34,4 triliun. Besaran bantuan diberikan berdasarkan beban tanggungan setiap keluarga. Per 7 Februari 2019 realisasi PKH sudah 96 persen dan BPNT sudah mencapai 91 persen secara nasional,” ujarnya.

Setiap bulan, penerima manfaat yang telah membuka rekening akan mendapatkan kartu belanja elektronik akan menerima transfer dan setiap bulan pula PKH harus melakukan transaksi agar penyaluran bantuan berjalan dengan lancar.

Sementara, Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano mengatakan angka kemiskinan Kota Jayapura sebelumnya 14 persen.

“Dengan bantuan ini bisa menekan angka kemiskinan turun menjadi 11 persen. Berarti ada dampak yang diberikan. Saya minta tahun depan terus ditingkatkan dan terus berlanjut. Saya juga menyampaikan apresiasi kepada pendamping saya yang turun lapangan mendata penerima manfaat,” jelasnya.

Salah satu warga penerima manfaat, Ruth Mansoben sangat bersyukur dengan adanya program PKH dan BPNT.

“Bantuan ini bisa beli buku buat anak sekolah dan bisa menambah kebutuhan dalam sehari hari. Saya dapat Rp2 juta. Saya harapkan terus ditingkatkan,” ungkapnya. (*)

 

Editor  : Edho Sinaga

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top