Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Setahun krisis kemanusiaan di Nduga, Pemerintah masih abai

Penyalaan lilin untuk memperingati 1 tahun konflik bersenjata di Nduga – Jubi/Piter Lokon

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Dekai, Jubi – Pemerintah terbukti masih abai pada warga Nduga Papua setelah setahun krisis kemanusiaan yang terjadi 4 desember 2018 lalu.

Ikatan pelajar dan Mahasiswa/i se-indonesia (IPMNI) melihat belum ada langkah nyata yang dilakukan pemerintah untuk mengatasi krisis kemanusiaan yang menimpa warga Nduga pasca konflik bersenjata antara  Tentara Pembahasan Nasional Papua Barat (TPNPB) dan TNI Polri.

“Duka Nduga adalah duka terbesar Papua dari tahun ke tahun,” kata Benny Murib Tim Relawan Kemanusiaan Nduga, Papua kepada Jubi, Rabu (4/12/2019).

Benny menjelaskan, akibat konflik ini warga Nduga terpaksa meninggalkan kampung halaman mereka untuk mengungsi. Tak hanya itu, banyak warga Nduga yang akhirnya meninggal karena kelaparan akibat minimnya bantuan ke lokasi pengungsian.

“Warga sipil benar-benar kosongkan kampung halaman Nduga. Saat ini TNI/Polri menduduki di kampung-kampung di 11 distrik tersebut. Warga Ndugama banyak yang duka sebab banyak yang meninggal karena kelaparan, banyak yang mati karena TNI/Polri tembak warga sipil,” katanya.

Loading...
;

Berdasarkan data relawan yang diperoleh IPMNI, diketahui 238 orang meninggal dalam konflik Nduga.

“Setiap tanggal 4 Desember kami bangsa Papua suku Nduga kami tetap memperingati setiap tahun dari tahun ke tahun bahwa inilah sejarah kami Nduga dan menjadi budaya kami,” kata Benny.

Editor: Edho Sinaga

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top