HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Siapa pun pelatihnya, kenyamanan pemain Persipura yang utama

Jacksen F Tiago melatih Persipura beberapa musim lalu – Jubi/Arjuna.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Mantan pemain belakang Persipura, Jack Kamasan Komboy mengatakan, hal utama yang mesti diperhatikan adalah kenyamanan pemain, bukan siapa yang menjadi pelatih tim sepak bola kebanggan masyarakat Papua itu.

Pernyataan itu dikatakan Jack Komboy terkait pergantian pelatih di kubu Mutiara Hitam dari Luciano Leandro ke Jacksen F Tiago, pada sisa laga putaran pertama kompetisi Shopee Liga 1 musim ini.

“Pergantian pelatih merupakan kewenangan manajemen. Namun siapa pun pelatihnya, pemain mesti merasa nyaman,” kata Jack Kamasan Komboy kepada Jubi, Jumat (12/7/2019).

Kata Jack Komboy, siapa pun pelatihnya jika pemain tidak merasa nyaman, tidak dapat mengubah situasi sulit yang kini dialami Persipura. Yang diperlukan pemain adalah rasa nyaman dalam tim, motivasi, dan mengembalikan kepercayaan diri mereka.

Loading...
;

“Saya harap kehadiran Jacksen dapat membuat perubahan dalam tim. Membawa Persipura keluar dari situasi yang ada kini. Namun intinya, pemain harus merasa nyaman,” ujarnya.

Manajemen memutuskan tidak melanjutkan kontrak Luciano Leandro lantaran hasil kurang memuaskan dalam beberapa laga putaran pertama kompetisi Shopee Liga 1 musim 2019. Selepas kepergian Luciano Leandro, manajemen mempercayakan tampuk kepelatihan kepada Jacksen F Tiago.

Nama Jacksen F Tiago sendiri tidak asing bagi publik sepakbola Papua. Ia pernah menjadi juru taktik Persipura selama beberapa musim. Jacksen datang ke Kota Jayapura pada pertengahan kompetisi LSI musim 2008/2009. Ia menggantikan pelatih asal Malaysia, Raja Isa.

Pada musim pertamanya mengarsiteki Eduard Ivakdalam dan kawan-kawan ketika itu, Jacksen sukses mempersembahkan tropi juara LSI untuk publik Papua.

Cerita sukses Jacksen bersama Persipura di kompetisi LSI terulang pada kompetisi musim 2010/2011 dan 2012/2013. Setelah mempersembahkan gelar juara LSI ketiga untuk Mutiara Hitam, Jacksen memilih hengkang.

Mantan pelatih Persiter Ternate dan Persitara Jakarta Utara itu meninggalkan Persipura saat kompetisi LSI musim 2013/2014 memasuki babak delapan besar.

Sebelumnya, Ketua Umum Persipura, Benhur Tomi Mano mengatakan manajemen dan Jacksen F Tiago telah menandatangani kontrak, dan pelatih berkewarganegaraan Brazil itu akan tiba di Kota Jayapura, Jumat (12/7/2019).

“Dia sudah pasti melatih Persipura untuk satu musim ke depan. Dia pelatih hebat di Indonesia,” kata Mano sehari sebelumnya.

Jacksen dinilai salah satu pelatih di Indonesia yang dapat mengetahui secara detail kekuatan dan kelemahan klub dan para pemain di Indonesia. Manajemen Persipura menurut Mano, akan mengikat Jacksen dengan kontrak kerja selama satu musim.

Kehadiran Jacksen yang semasa menjadi pemain pernah memperkuat PSM Makassar dan Persebaya Surabaya diharapkan dapat mengembalikan performa terbaik Mutiara Hitam, seperti pada beberapa musim lalu. (*)

Editor: Edho Sinaga

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top