Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Sidang hoaks surat suara digelar

Ilustrasi, pixabay.com

Kronologis kasus hoaks surat suara yang sudah dicoblos berawal dari cuitan Twitter milik politisi Partai Demokrat, Andi Arif, pada awal Januari 2019

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jakarta, Jubi  – Sidang perdana terhadap aktor intelektual pembuat hoaks informasi surat suara Pemilu 2019 yang sudah coblos digelar di Jakarta, Kamis, (4/4/2019) siang tadi. Agenda sidang dengan tersangka BBP itu dijadwalkan pada pukul 11.00 WIB, namun hingga pukul 14.25 WIB sidang belum juga dimulai.

Sidang dipantau puluhan wartawan yang memadati ruangan Oemar Seno Adji 2 di lantai tiga Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, tempat digelarnya sidang.

Baca juga : Kabar kenaikan harga bahan pokok di Kota Jayapura adalah ‘hoax’

Loading...
;

Dewan Pers: Pers Juga Memicu Kemunculan Hoax

Hoax soal Tsunami yang bikin panik saja

Kronologis kasus hoaks surat suara yang sudah dicoblos berawal dari cuitan Twitter milik politisi Partai Demokrat, Andi Arif, pada awal Januari 2019 yang mempertanyakan kebenaran kabar itu.

Kemudian KPU bergerak menuju pelabuhan Tanjung Priok, dan memastikan kabar itu adalah hoaks. Bareskrim Polri menelusuri jejak digital penyebar hoaks itu, lalu menemukan BBP yang ditangkap di Sragen, Jawa Tengah, pada awal Januari 2019.

BBP mengawali aksinya dengan merekam suaranya untuk menginformasikan kabar tujuh kontainer berisi surat suara Pemilu 2019 sudah dicoblos di Tanjung Priok. Dia mengunggah pernyataan hoaks itu serta merekam suara untuk disebarkan melalui sejumlah platform, di antaranya aplikasi percakapan Whatsapp dan Twitter.

Baca juga : 3 hoax terkait divestasi Freeport

Media hoax, hantui jurnalis Papua

Polres Merauke segera panggil pelaku penyebar hoax

Atas perbuatan itu,BBP dijerat Pasal 14 ayat 1 dan 2 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana lantaran sengaja menyiarkan berita bohong. Dia terancam dihukum maksimal 10 tahun penjara.

Dalam kasus ini BBP ditetapkan sebagai tersangka bersama empat orang lainnya, yaitu HY yang ditangkap di Bogor, LS ditangkap di Balikpapan, J yang ditangkap di Brebes dan MIK di Cilegon. (*)

Editor : Edi Faisol

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top