HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Sidang perdana parlemen baru Kepulauan Solomon lancar

Bagian depan Gedung Parlemen Nasional . – Solomon Star News

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Honiara, Jubi – Pertemuan pertama Parlemen ke-11 Kepulauan Solomon yang baru dilaksanakan Rabu, 15 Mei 2019 lalu.

Sebelumnya, Perdana Menteri Manasseh Sogavare telah menyurati Yang Mulia, Sir Frank Ofagioro Kabui, Gubernur Jenderal Kepulauan Solomon, untuk menginformasikan keputusannya mengadakan pertemuan pertama parlemen Rabu ini.

Sidang pertama itu dimulai pukul 10 pagi, dan dimulai dengan pengambilan sumpah dan janji anggota Parlemen, setelah itu, pemilihan Ketua dan Wakil Ketua Parlemen Nasional Kepulauan Solomon.

Pencalonan ketua parlemen telah dibuka Jumat pekan lalu, dan ditutup Selasa kemarin, (14/5/2019), pukul 4.00 sore.

Loading...
;

Disadur SIBC Online, nominasi itu dibuka bagi setiap MP yang ingin mencalonkan individu tertentu untuk posisi Ketua dan Wakil Ketua. Untuk posisi Ketua Parlemen, setiap warga Kepulauan Solomon dapat maju sebagai calon, namun untuk posisi Wakil Ketua, kandidat yang diajukan harus seorang MP.

John Patteson Oti telah terpilih sebagai Ketua parlemen Kepulauan Solomon baru, menurut Radio New Zealand International. Oti adalah mantan menteri urusan luar negeri, dan baru-baru ini ia ditempatkan di Fiji untuk memimpin Komisariat Tinggi negara itu.

Dari 48 surat suara rahasia yang dikumpulkan, 30 suara mendukung Oti, 15 mendukung calon lain dan mantan Ketua Parlemen Ajilon Jasper Nasiu, dan tiga surat suara rusak. Dua MP tidak hadir dalam pemilihan internal itu.

Hanya satu calon yang diajukan untuk jabatan Wakil Ketua Parlemen, Stanley Festus Sofu, MP dari Kwaio Timur.

Menutup sesi rapat itu, PM Manasseh Sogavare, meminta penangguhan khusus untuk parlemen sampai 4 Juni. (Solomon Star News)

Editor: Kristianto Galuwo

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top