Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Sikap Australia terhadap Pasifik ‘neokolonial’

Perdana Menteri Tuvalu Enele Sopoaga saat pembukaan Pacific Islands Forum (PIF) di Funafuti. – RNZI/ Pacific Islands Forum Secretariat

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Funafuti, Jubi – Perdana Menteri Tuvalu mengecam tindakan perdana menteri Australia itu di Forum Kepulauan Pasifik (PIF) pekan lalu, menyebut sikap Scott Morrison dan ‘neokolonial’, dan mempertanyakan masa depan Australia dalam kelompok yang beranggotakan 18 negara itu.

Dalam sebuah wawancara dengan RNZ Pacific pada Minggu (18/8/2019), PM Enele Sopoaga juga mengancam akan menarik tenaga kerja Tuvalu dari program pekerja musiman (SWP) Australia, setelah komentar rasis wakil PM Australia, Michael McCormack, yang direkam berkata bahwa orang-orang dari negara-negara Pasifik yang terancam oleh perubahan iklim – seperti Tuvalu – akan dapat bertahan hidup karena “banyak pekerja mereka yang datang ke sini dan memetik buah kami.”

Komisaris tinggi Australia di Tuvalu telah dipanggil untuk menjelaskan komentar tersebut pada Senin, kata PM Sopoaga, dan dia tidak akan segan-segan membatalkan program SWP, jika ia tidak puas dengan tanggapan Australia. PM Sopoaga juga mendorong pemimpin negara-negara Pasifik lainnya – termasuk Kiribati, Samoa dan Tonga – untuk melakukan hal yang sama.

“Saya pikir skema tenaga kerja Australia disetujui atas dasar saling hormat menghormati, bahwa Australia juga diuntungkan,” kata Sopoaga. “Jika itu adalah pandangan pemerintah, maka saya tidak akan ragu untuk menarik kembali orang-orang Tuvalu mulai besok,” tegas Sopoaga.

Loading...
;

Tanggapan McCormack itu ia ungkapkan setelah pertemuan pemimpin-pemimpin Pasifik selama 12 jam di Funafuti, Kamis pekan lalu (15/9/2019), dimana Australia, ekonomi dan penghasil emisi karbondioksida terbesar di kawasan itu, melawan negara-negara Pasifik lainnya.

Namun kritik yang paling tajam datang dari Perdana Menteri Fiji, “Saya pikir Morrison adalah teman baik saya; ternyata tidak,” kisah Frank Bainimarama yang menghadiri pertemuan PIF pertamanya setelah lebih dari satu dekade.

“Di tengah-tengah pertemuan itu, Perdana Menteri Morrison, saat dia tampaknya terpojok oleh pemimpin lainnya, lalu menyebutkan berapa banyak dana yang telah Australia berikan kepada Pasifik.“

Sementara itu mantan Presiden Kiribati, Anote Tong, telah mengusulkan agar Australia diberikan sanksi atau diskors dari PIF, karena pendirian pro-batu bara pemerintah Morrison yang tidak lagi sejalan dengan Pasifik. (RNZI)


Editor: Kristianto Galuwo

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top