Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Sogavare kembali jadi PM, Papua Merdeka bergeliat kembali di Pasifik?

Perdana Menteri Kepulauan Solomon terpilih, Manasseh Sogavare . – RNZI/Koroi Hawkins

Jayapura, Jubi – Manasseh Sogavare terpilih kembali sebagai Perdana Menteri Kepulauan Solomon, Selasa (23/4/2019) di gedung parlemen di Honiara. Ia unggul 34 suara atas pesaingnya, Matthew Wale di parlemen dengan 50 suara.

Ini akan menjadi jabatan perdana menteri keempat bagi Sogavare yang sebelumnya bertugas pada tahun 2000, 2006 dan tahun 2014.

Dua dari tiga masa jabatan terakhir Sogavare sebagai perdana menteri dipersingkat karena mosi tidak percaya, termasuk pada parlemen terakhir.

Sogavare telah menjabat sebagai anggota parlemen untuk Choiseul Timur sejak ia pertama kali terpilih pada tahun 1997. Ia telah memegang berbagai peran menteri selama bertahun-tahun termasuk di bidang keuangan dan perdagangan.

Manasseh Sogavare memiliki latar belakang ekonomi dan sepanjang karirnya telah mengadvokasi desentralisasi pembangunan di Kepulauan Solomon.

Loading...
;

Mr Sogavare dinominasikan untuk jabatan perdana menteri oleh Democratic Coalition for Advancement, sebuah kelompok yang terdiri dari empat partai politik yang sebagian besar terdiri dari anggota parlemen dari pemerintahan terakhir, didukung oleh orang-orang independen yang baru terpilih.

Kembalinya Sogavare pada tampuk pemerintahan Kepulauan Solomon ini disambut baik oleh kelompok pro kemerdekaan Papua. Sogavare dalam beberapa tahun terakhir menunjukan dukungan penuh pada perjuangan pembebasan Papua. Namun sejak kekuasaannya berakhir setelah mosi tidak percaya ditujukan padanya, dukungan dari Kepulauan Solomon melemah.

“Rakyat Papua menunggu kepemimpinan Sogavare untuk maju bersama membebaskan West Papua seperti sebelumnya. Sogavare telah menunjukan kepemimpinannya di kawasan Melanesia,” ungkap Octovianus Mote, wakil ketua United Liberation Movement for West Papua (ULMWP). (*)

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top