Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

SOLPAP: Ada alih fungsi lahan sagu bermodus kebakaran

Hutan lahan sagu yang terbakar di Sentani beberapa waktu lalu- Jubi/Dok.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Solidaritas Pedagang Asli Papua (SOLPAP) menyoroti banyaknya alih fungsi hutan sagu menjadi lahan sawit yang diawali dengan kebakaran. Frengky Warer, Ketua SOLPAP mengatakan, alih fungsi tak wajar ini selain mengancam ekosistem juga berpotensi melenyapkan kearifan budaya lokal masyarakat Papua yang menjadikan sagu sebagai makanan pokok.

“Alih fungsi ini tidak hanya berimbas pada sisi ekosistem tapi juga terhadap kearifan lokal masyarakat sekitar hutan sagu dan juga akan ada perubahan pola komsumsi,” kata Warer.

Frengky menyarankan kepada pemilik hak wilayat hutan sagu untuk berhenti menjual hutan sagu. Ini karena sagu adalah kebudayaan asli Papua.

“Nilai tukar sagu sangat bernilai produktif dan tinggi. Sekarang lagi fokusnya aktivis untuk melakukan kampanye pelestarian pangan lokal termasuk sagu. Jadi para Ondoafi stop jual lahan sagu dan lebih baik manfaatkan demi kebutuhan ekonomi yang baik,” pesan Warer.

Loading...
;

Sebelumnya, hutan sagu milik masyarakat adat ludes terbakar api di Kleublouw, kampung Asei Kecil, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Sabtu (14/9/2019) lalu.

Kebakaran hutan sagu diduga karena cuaca yang sangat panas dan angin yang kencang. Kondisi ini mengakibatkan api merambat dengan begitu cepat membakar hampir sebagian besar hutan sagu yang ada di Kleublouw.

Di sisi lain, Wakil Walikota Jayapura, H. Rustan Saru mengakui potensi pohon sagu di kota Jayapura dan beberapa daerah lainnya terbatas.

“Ketika sagu menjadi primadona di kota kemudian bahannya habis, akan menjadi masalah terutama sagu akan menjadi makanan lokal khas Papua saat PON 2020 sehingga perlu didukung oleh kita semua baik pemerintah maupun masyarakat melindungi hutan sagu maka jangan tebang sagu sembarangan,” kata Rustan. (*)

Editor: Edho Sinaga

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top