Sosialisasi bersama masyarakat di para-para Bawaslu

Sosialisasi bersama masyarakat di para-para Bawaslu

Bawaslu Provinsi Papua bersama anggota Bawaslu RI saat mendengarkan apa yang disampaikan masyarakat – Jubi/Yance Wenda

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Bawaslu menggelar sosialisasi pengawasan partisipasif di Para-para Bawaslu, yang berlangsung di Kampung Sereh, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura. Kegiatan ini dihadiri masyarakat, tokoh masyarakat, dan para calon anggota legislatif (caleg).

“Pengawasan partisipasif adalah ujung tombak dari Bawaslu untuk dapat mengikutsertakan dan mengajak masyarakat untuk proses pemilihana nanti,” ucap anggota Bawaslu Republik Indonesia (RI), Fritz Edward Siregar, Kamis (14/3/2019).

“Memberikan fungsi untuk memberitahukan apa saja yang harus disiapkan oleh masyarakat untuk menyambut hari pemungutan suara,” lanjut Edward.

Kegiatan hari ini berlangsung berbeda karena kegiatannya dilakukan di luar ruangan, di para-para dengan mengundang semua masyakarakat dan tokoh masyakata lainnya.

“Metode ini adalah salah satu yang sangat baik yang dilakukan oleh Bawaslu Provinsi Papua, untuk mengajak masyarakat dan tidak di dalam ruangan tapi di alam bebas seperti ini,” kata Edward.

Tujuan dari kegiatan ini untuk memastikan apakah masyarakat tahu proses sebelum pemilihan berlangsung apa saja yang harus mereka siapkan.

“Mereka harus tahu akan memilih di mana, dapat dalam DPT mana, dan mereka juga turut mendukung dalam pengawasan pemilu ini,” ucap Edward.

“Dengan tempat seperti begini masyarakat mereka bisa datang dengan telanjang kaki dan juga dengan pakaian yang sederhana mungkin mereka bisa datang,” imbuhnya.

Ondofolo Kampung Sereh, Yanto Eluay, mengatakan jika sosialisasi dilakukan di tempat tertutup masyarakat pasti sungkan untuk datang. Untuk itu di kegiatan seperti ini KPU juga perlu tutur hadir dalam mensosialisasikan.

“Saya sebagai Ondofolo Kampung Sereh menyampaikan terima kasih karena Bawaslu sudah datang hadir dan memberikan arahan sehingga masyarakat dapat mengerti caranya seperti begini dalam proses pemilihan seperti begitu,” kata Eluay. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Populer

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)