Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

SPPB rayakan Hari Perempuan di Jayapura

Para peserta dan narasumber foto besama usai pemutaran film dan diskusi di asrama mahasiswa Boven Digoel, Kota Jayapura, Sabtu, 9 Februari 2019 – Jubi/Asrida Elisabeth

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Solidaritas Perempuan Papua Bersatu (SPPB) akan merayakan Hari Perempuan Internasional atau International Women’s Day (IWD) pada 8 Maret 2019 di Kota Jayapura, Papua.

Hal ini disampaikan koordinator kegiatan, Ester Haluk, kepada Jubi di Kota Jayapura, Kamis, 14 Februari 2019.

“Perempuan di Papua juga masih bergumul dengan banyak hal terutama yang menyangkut hak-haknya sebagai perempuan,” kata Haluk.

Menurut Ester Haluk, perempuan, termasuk perempuan di Papua mengalami kekerasan, baik kekerasan langsung maupun kekerasan struktural.

Loading...
;

Kekerasan langsung yang banyak terjadi seperti Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT). Meski sudah ada undang-undang penghapusan KDRT, kenyataannya banyak perempuan yang terus menjadi korban.

Sementara itu terkait kekerasan struktural, budaya patriarki yang dominan dalam adat dan pendekatan militerisme oleh negara Indonesia di Papua.

Karena itu, momen Hari Perempuan Internasional 8 Maret ini dimanfaatkan untuk menggalang dukungan dan kepedulian akan persoalan yang dihadapi perempuan dan hak-haknya.

Rangkaian kegiatan yang dilakukan, antara lain pemutaran film dan diskusi, talkshow (bincang-bincang) di radio dan televisi, serta pekan IWD.

Pemutaran film dan diskusi dilaksanakan sejak Januari dan terus berlanjut hingga pekan IWD berlangsung. Pemutaran film ini dilaksanakan di asrama-asrama yang ada di Kota Jayapura.

Film-film yang diputar mengangkat tema perempuan dalam hubungannya dengan investasi, militerisme, kesehatan, hukum, hingga agama. Diskusi-diskusi juga akan menghadirkan narasumber yang berkompeten di bidangnya.

“Lewat diskusi kami ingin membongkar cara pandang atas masalah-masalah yang dihadapi perempuan,” katanya.

Sementara itu pekan IWD akan dilaksanakan dari tanggal 1 hingga 8 Maret 2019. Talkshow akan dilaksanakan bersama dengan pekan IWD.

Pekan IWD akan diisi dengan berbagai kegiatan mulai dari pameran, panggung seni budaya, aksi teatrikal dan tarian. Semuanya dalam semangat menyuarakan hak-hak perempuan.

Semua pihak di Jayapura yang peduli dengan hak-hak perempuan bahkan diajak untuk mengambil bagian dalam pekan IWD ini.

“Isu perempuan bukan hanya milik perempuan tapi semua pihak,” katanya.

Ester berharap agar kegiatan ini akan memperkuat jaringan perempuan antargenerasi di Papua, menjadi ruang belajar dan ruang berbagi pengetahuan tentang posisi, peran dan hak perempuan, serta sebagai momen konsolidasi bagi individu maupun lembaga yang peduli pada isu perempuan di Papua.

Hari Perempuan Internasional sudah dirayakan lebih dari 100 tahun. Ini menjadi perayaan atas capaian perempuan di bidang sosial, ekonomi, budaya dan politik. Momen ini juga dipakai berbagai pihak untuk melakukan refleksi, advokasi sekaligus aksi untuk menyerukan penindasan terhadap perempuan. Tahun 2019, Perayaan Hari Perempuan di tingkat internasional mengangkat tema #BalanceforBetter. (*)

Editor: Timo Marthen

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top