Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Sri Lanka minta sebagai mitra wicara sektoral ASEAN

ASEAN, pixabay.com

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jakarta, Jubi– Sekretaris Kementerian Luar Negeri Sri Lanka Ravinatha Aryasinha, meminta ASEAN memberikan keputusan lebih awal untuk memasukkan negaranya sebagai Mitra Wicara Sektoral. Mitra wicara sebagai upaya memperkuat hubungan negara itu dengan ASEAN dan negara-negara anggotanya.

“Permintaan ini menyusul permohonan resmi Sri Lanka yang diajukan pada Maret 2019,” tulis keterangan resmi kedutaan besar Sri Lanka untuk Indonesia, Selasa, (13/8/2019).

Baca juga : Duterte pilih tidur siang saat rapat KTT ASEAN

ASEAN dinilai gagal lindungi demokrasi di Kamboja

Loading...
;

ASEAN selalu jadi partner strategis China

Ravinatha menyatakan permintaan tersebut pada peringatan ASEAN Day bertempat di KBRI Colombo, 8 Agustus 2019. Pada peringatan itu, dia menyampaikan ucapan selamat pemerintah Sri Lanka kepada ASEAN.

Acara yang diselenggarakan oleh Duta Besar RI untuk Sri Lanka I Gusti Ngurah Ardiyasa dihadiri oleh Duta Besar Malaysia, Myanmar, Vietnam, dan Thailand untuk Sri Lanka, dan juga sejumlah diplomat, pejabat pemerintah, pengusaha serta undangan lainnya.

Ravinatha dalam sambutannya menekankan pentingnya posisi Sri Lanka bagi ASEAN mengingat Menteri Luar Negeri Sri Lanka baru saja menghadiri ASEAN Regional Forum di Thailand dan Presiden Sri Lanka melakukan kunjungan kenegaraan ke Kamboja.

Sri Lanka juga memiliki alasan kesejarahan yang kuat berhubungan dengan negara-negara ASEAN antara lain melalui penyebaran agama Buddha, hubungan maritim, serta hubungan antar masyarakat. Tercatat Sri Lanka menunjukan keinginan menjadi bagian integral di ASEAN bahkan sebelum negara ini merdeka pada 1948. (*)

Editor : Edi Faisol

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top