HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

STT Arastamar Wamena bekali 12 dosen untuk sertifikasi

Workshop penyusunan Dokumen Daftar Usulan Penetapan Angka Kredit (DUPAK) Dosen dan Sertifikasi Dosen (SERDOS) sejumlah perguruan tinggi di Jayawijaya-Jubi/Islami

Wamena, Jubi – – Sekolah Tinggi Theologia (STT) Arastamar Wamena, Sabtu (20/7/2019) menggelar workshop penyusunan Dokumen Daftar Usulan Penetapan Angka Kredit (DUPAK) Dosen dan Sertifikasi Dosen (SERDOS) bagi para dosen yang belum tersertifikasi.

Ketua STT Arastamar Wamena, Sensius Amon Carlau mengatakan, pihaknya sedang mengajukan 12 dosen untuk mengikuti sertifikasi, agar semua dosen yang ada nantinya bisa memiliki kelayakan sebagaimana yang diatur dalam undang-undang perguruan tinggi.

“”Karena itu kami dan beberapa dosen lainnya yang sudah tersertifikasi pada tahun 2012, mengadakan pelatihan ini bagi dosen semua perguruan tinggi yang ada di Wamena dan khusus bagi dosen di STT Arastamar Wamena,”” katanya kepada wartawan di sela-sela workshop di Aula salah satu pusat perbelanjaan di Wamena.

Menurut dia, peserta tidak hanya dibekali dengan teori tapi langsung disertai dengan praktik. Seperti, menyiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan dan targetnya dalam satu minggu ke depan sudah dapat diajukan secara kolektif kepada pihak terkait di Jakarta.
“

DUPAK itu mencakup empat aspek yaitu pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan unsur penunjang.
Untuk menunjang itu semua, empat orang pemateri yang dihadirkan dalam pelatihan tersebut mereka yang telah mempunyai kepangkatan akademik dan sertifikasi akademik.

Loading...
;

“”Kalau sudah memiliki itu, maka dosen itu sudah dianggap profesional yang punya sertifikat pendidik dan mendapat tunjangan sertifikasi dari pemerintah secara berkala,”” katanya.

Khusus di STT Arastamar Wamena sendiri, lanjutnya, sebenarnya ada tujuh dosen yang sudah tersertifikasi, namun dua di antaranya telah pindah ke Jayapura dan beberapa orang yang tidak aktif.

“”Dengan pengajuan 12 dosen untuk mengikuti sertifikasi ini, nantinya total ada 15 dosen di STT Arastamar yang telah tersertifikasi,”” katanya.

Salah satu pembicara, Eddi Rante Tasak yang juga salah satu dosen di STT Arastamar Wamena berharap saat para dosen telah menyelesaikan studi yang saat ini dalam tahap S2, mereka sudah mampu mengusulkan untuk mendapatkan sertifikat dosen.

“”Kami dari dewan dosen STT Arastamar berupaya sedini mungkin menyiapkan para dosen ini untuk mendapatkan sertifikasi, karena itulah tuntutan dari Kemendikti,”” katanya. (*)

Editor: Syam Terrajana

 

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)