Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Suara Papua gelar pelatihan untuk 15 calon reporter

Foto bersama pemateri dan wartawan baru suarapapua.com di P3W Padang Bulan Waena – Jubi/Agus Pabika.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Suara Papua menggelar pelatihan jurnalistik bagi 15 calon reporter baru di aula P3W, Padang Bulan, Abepura Jumat hingga Sabtu. (2/11/2019).

Komisaris Suara Papua, Yan Ukago mengatakan pelatihan ini digelar untuk membekali calon jurnalis dengan kemampuan dan pengetahuan sebelum terjun ke lapangan.

“Dalam suatu penulisan membutuhkan data yang akurat. Harapan kami adalah salah satu dari kalian menjadi wartawan yang produktif, disegani dan bertalenta,” harapnya.

Ia mengatakan, ada tiga hal dasar yang harus dipegang oleh wartawan, yakni meyakini bahwa menulis bisa mempengaruhi dunia. Selain itu menjadi wartawan merupakan tugas mulia serta menyuarakan suara yang tak terdengar.

Sementara itu, Arnold Belau, Pimpinan Redaksi Suara Papua menjelaskan, kegiatan pelatihan dilakukan selama dua hari untuk memberikan pemahaman tentang aturan-aturan yang berlaku di dunia pers seperti UU pers dan kode etik jurnalis.

Loading...
;

“Beberapa materi tentang jurnalistik akan dijelaskan selama dua hari ini dengan harapan setelah selesai traning para wartawan diharapkan memahami sehingga mereka tau hal-hal yang mereka lakukan dan hal—hal yang mereka tidak lakukan,”  jelas Arnold Belau.

Ia menambahkan, 15 wartawan tersebut  akan mengikuti masa uji coba selama 1 bulan untuk mengetahui siapa yang layak diterjunkan jadi wartawan.

“Yang lulus di masa uji coba akan diterima sebagai wartawan suara papua,” katanya.

Charles Maniani, calon reporter Suara Papua dari Manokwari mengatakan, ia tertarik menjadi wartawan sesuai dengan moto yang digagas Suara Papua adalah menyuarakan suara kaum yang tak bersuara. Menurut dia, Suara Papua memiliki keunikan tersendiri dari media – media lain di Tanah Papua.

“Dari pantauan saya sendiri, dari sekian banyak media tetapi di Suara Papua itu berbeda dalam pemberitaannya tidak bertele-tele,” katanya.

Dia berharap agar melalui materi-materi yang disampaikan bisa memberikan pengetahuan baru tentang dunia jurnalistik, sehingga dapat diterapkan dalam kerja-kerja jurnalistik.

“Semoga kami dapat menjadi wartawan-wartawan professional dan bermanfaat bagi banyak orang,“ ujarnya.

Pelatihan ini dihadiri oleh 15 calon reporter dari beberapa daerah di Tanah Papua antara lain, Sorong, Manokwari, Kota Jayapura, Kab. Jayapura, Wamena, Yalimo dan Boven Digoel. (*)

Editor : Edho Sinaga

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top