Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Supiori optimistis elimasi frambusia dan kusta tahun depan

Penderita kusta – tempo.co.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Sorendiweri, Jubi – Kabupaten Supiori menargetkan eliminasi terhadap penyebaran frambusia dan kusta  tercapai pada tahun depan. Optimisme itu muncul setelah hasil sero survei menyimpulkan tidak satu pun dari 2.000 balita di wilayah mereka terindikasi mengidap kedua penyakit tersebut.

“Kami menyosialisasikan, serta mengadvokasi penderita kusta dan frambusia melalui pengobatan di setiap layanan kesehatan di kampung. Pengobatannya gratis,” kata Kepala Dinas Kesehatan Supiori Marinus Maryar, seusai pelatihan pencegahan kusta dan frambusia, Selasa (19/11/2019).

Maryar mengatakan sosialisasi pencegahan kusta dan frambusia dilakukan supaya masyarakat mengenal ciri dan gejala penyakit akibat bakteri yang menyerang kulit tersebut. “Ketika mereka melihat atau mengalami penyakit tersebut, segera berobat di puskesmas terdekat.”

Wakil Asesor Frambusia Elia Yeninar menambahkan sero survei kusta dan frambusia dilaksanakan di 38 kampung di Supiori. “Dari 2.000 balita (yang diperiksa), tidak ditemukan pengidap kusta dan frambusia. Kami optimistis target eliminasi dapat terwujud pada 2020.” (*)

Loading...
;

 

Editor: Aries Munandar

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top