Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Surat izin usaha akan dapat diurus online

Kepala Dinas PTSP Kabupaten Jayapura, Hanock Puraro, saat diwawancarai media – Jubi/Engel Wally

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Kepala Dinas Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPTSP) Kabupaten Jayapura, Hanock Puraro, mengatakan ke depan pengurusan surat izin usaha dan segala hal yang bersifat izin investasi dapat diurus secara online.

Hal ini sejalan dengan telah diterapkannya sistem Online Single Submision (OSS) secara nasional bagi masyarakat yang ingin berinventasi serta mengurus perizinan tempat usaha. Bahkan yang lebih menggembirakan lagi dari sistem ini hanya ada satu surat izin yang mengakomodir semua sura izin usaha yang akan dilakukan.

“Untuk mengarah kepada hal yang lebih baik dan efisien dalam bekerja maka pada saat ini kami berinisiatif untuk memberikan pelatihan bagi seluruh staf dan karyawan di dinas kami untuk mengetahui dan mempelajari sistem ini dengan baik sehingga ketika ada pemohon, hal ini dapat diterapkan kepada para pemohon yang datang di kantor kami,” jelas Hanock Puraro saat ditemui di Sentani, Selasa (22/10/2019).

Dikatakan, dalam proses kepengurusan surat izin dan sebagainya di Kantor PTSP, yang dulunya dilayani oleh seluruh karyawan, dengan adanya OSS ini maka yang mengisi formulir dan menjelaskan semua bentuk usaha yang akan dilakukan adalah si pemohon itu sendiri.

Loading...
;

“Kami akan menyediakan fasilitas komputer yang memang diisi secara online oleh si pemohon. Apabila dalam pengajuan sejumlah persyaratan yang belum lengkap, ada komitmen yang harus dibuat oleh pemohon melalui formulir tersebut. Dan apabila dalam waktu yang ditetapkan tidak dilengkapi oleh si pemohon berdasarkan komitmen yang sudah dibuat, maka semua permohonannya bisa dibatalkan,” jelas Puraro.

Menurutnya, sistem yang terbaru ini sangat membantu masyarakat dengan tidak begitu susah menyipakan segala bentuk persyaratan secara fisik lagi, tetapi cukup mengisi formulir secara online. Hanya saja dibutukan komitmen di dalam proses awal yang sudah dilakukan.

“Kita berharap para karyawan yang mengikuti pelatihan hari ini dapat memahami dengan baik semua tugas dan fungsi sehingga ketika dalam proses pelayanan kepada msayrakat semua dapat teratasi dengan baik,” harapnya.

Sementara itu, Ketua LSM Papua Bangkit, Hengki Joku, mengatakan kepengurusan izin usaha dan semua yang bersifat kerja dan berinventasi di daerah, harus lebih banyak melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Sehingga ada hal-hal yang baru dapat dketahui secara bersama.

“Semuanya harus sejalan dengan tata ruang yang tersedia, ruang terbuka hijau, dan lain sebagainya. Karena kecanggihan tehnologi hari ini akan memudahkan semua orang yang mempunyai modal untuk terus berinventasi dimana mereka suka,” pungkasnya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top