Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Surat penangkapan mantan PM PNG dikeluarkan

Periode O’Neill sebagai perdana menteri PNG penuhi oleh skandal korupsi. – ABC News/ AP/ Aaron Favila

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Port Moresby, Jubi – Kepolisian PNG akan membuka penyidikan atas anggota parlemen (MP) dari Ialibu-Pangia dan mantan perdana menteri, Peter O’Neill, atas tuduhan korupsi dan telah memperoleh surat perintah untuk penangkapannya dari pengadilan.

Pejabat Plt. Komisaris Polisi, David Manning, berkata surat perintah itu didasarkan pada banyaknya bukti yang ditemukan oleh tim penyelidik. Surat perintah penangkapan itu telah diserahkan kepada O’Neill kemarin, tetapi menurut Pejabat Plt. Wakil Komisaris Polisi bidang Operasional, Donald Yamasombi, O’Neill tidak dapat ditemukan.

Namun O’Neill berkata kepada surat kabar The National Selasa malam (15/10/2019) bahwa ia baru tahu mengenai surat perintah penangkapannya Selasa kemarin, ketika Manning mengumumkan hal ini di media sosial. Ia membantah bahwa seorang pun dari kepolisian yang telah secara resmi menghubunginya untuk masalah itu kepadanya atau perwakilan hukumnya.

“Saya akan menyempatkan diri untuk bertemu polisi, kapan saja, dan mendengar isi laporan ini,” katanya.

Loading...
;

Menurut Manning, penyelidikan atas kasus itu masih terus berlangsung dan detektif di kepolisian telah mengumpulkan semua ‘bukti-bukti’ dan mengajukan permohonan ke pengadilan untuk menerbitkan surat perintah penangkapan.

Manning mengungkapkan bahwa ia telah berhasil menemui O’Neill kemarin dan telah memintanya langsung untuk menemani Yamasombi ke Kantor Polisi Boroko, tetapi dia menolak untuk bekerja sama.

“Saya sekarang memohon mantan perdana menteri untuk menghubungi para penyidik agar proses investigasinya dapat diselesaikan,” tutur Manning.

“Ia akan diproses oleh polisi, setelah itu dia memiliki hak untuk membayar jaminan dan membela diri di hadapan pengadilan.”

O’Neill mengecam cara pihak kepolisian melakukan proses investigasi ini.

O’Neill menduga bahwa penyelidikan itu mungkin ada hubungannya dengan “renovasi pusat kesehatan masyarakat Yagaum di Madang.” Ia berkata bahwa Manning dan MP dari Madang dan Menteri Kepolisian, Bryan Kramer, yang mendorong upaya untuk menangkap dan menginterogasinya.

RNZ Pacific melaporkan bahwa O’Neill dan pengacaranya telah diberikan untuk penundaan penangkapan sementara dari pengadilan Rabu malam (16/10/2019). Hakim Nicholas Miviri waktu sampai Senin, 21 Oktober, mendatang. (The National)


Editor : Kristianto Galuwo

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top