Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Syarat gugatan lengkap, Prabowo akan jelaskan materi gugatannya ke MK

Foto ilustrasi – pixabay.com

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Anggota Tim Hukum Badan Pemenangan Nasional atau BPN Calon Presiden dan Wakil Presiden Prabowo Subianto-Sandiaga S Uno, Denny Indrayana mengatakan pihaknya telah memiliki seluruh syarat gugatan dan alat bukti untuk mengajukan gugatan Pemilihan Presiden 2019 ke Mahkamah Konstitusi. Hal itu dinyatakan Denny di Jakarta, Jumat (24/5/2019).

Denny enggan merinci terkait materi gugatan yang akan dilayangkan BPN Prabowo-Sandi ke Mahkamah Konstitusi (MK) pada Jumat siang. Denny hanya menegaskan, seluruh persyaratan untuk mendaftarkan sengketa Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 sudah disiapkan tim hukum BPN.

“Insya Allah. Insya Allah (syarat gugatan sudah lengkap),” kata Denny.

Pada Selasa (21/5/2019), Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI resmi menetapkan hasil penghitungan rekapitulasi perolehan suara Pemilihan Umum 2019 tingkat nasional. KPU RI menyatakan jumlah suara sah dalam Pemilihan Presiden 2019 mencapai 154.257.601 suara.

Loading...
;

Pasangan calon presiden dan wakil presiden RI, Joko Widodo – Ma’ruf Amien memperoleh 85.607.362 suara, atau 55,5 persen dari jumlah suara sah.. Sementara pasangan Prabowo–Sandiaga meraih 68.650.239 suara, setara dengan 44,5 persen suara sah. Kubu Prabowo–Sandiaga menyatakan akan memperkarakan hasil Pilpres itu ke MK.

Denny menyatakan Prabowo akan menjelaskan materi gugatannya atas hasil Pilpres 2019. Penjelasan itu akan diumumkan Prabowo pada Jumat pukul 14.00 WIB. “Nanti tunggu saja keterangan dari Pak Prabowo. Jam 14.00 WIB ya katanya,” ujarnya.

Dia juga enggan menjelaskan kapan Prabowo akan mendaftarkan gugatannya ke MK namun pihaknya akan mengajukan gugatan Pemilu sebelum batas waktu berakhir. “Nanti kita lihat perkembangannya. Insya Allah lebih cepat lebih baik,” katanya.

Sebelumnya Sandiaga Uno mengatakan dirinya dan Prabowo Subianto telah menunjuk Hashim Djojohadikusumo sebagai penanggungjawab untuk gugatan Pilpres 2019 ke MK.

“Pak Prabowo dan saya menunjuk penanggungjawab untuk gugatan ke MK akan dikomandoi Pak Hashim Djojohadikusumo. Besok sebelum batas waktu penyampaian gugatan, akan disampaikan para ahli hukum,” kata Sandiaga di Jakarta, Jumat.

Sandiaga mengatakan langkah mengajukan gugatan ke MK itu adalah bentuk langkah Prabowo-Sandi untuk tetap berada di jalur konstitusional. BPN Prabowo-Sandiaga memiliki tim hukum yang didukung sejumlah advokat ternama, seperti Rikrik Rizkian, Bambang Widjojanto, Irman Putra Sidin, dan Denny Indrayana. (*)

Editor: Aryo Wisanggein G

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top