Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Tahun depan Pemkab Merauke bentuk tim pengendali pengelolaan dana desa

Wakil Bupati Merauke, Sularso, saat diwawancarai sejumlah wartawan – Jubi/Frans L Kobun

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Merauke, Jubi – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Merauke akan membentuk tim pengendali pengelolaan dana desa di tingkat distrik yang akan dipimpin kepala distrik. Sedangkan keanggotaannya adalah staf serta pejabat lain di distrik.

“Tahun depan sudah mulai berjalan. Mereka akan mendampingi kepala kampung bersama aparaturnya dalam pengelolaan dana desa mulai dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, pertanggungjawaban, serta pelaporan,” jelas Wakil Bupati Merauke, Sularso, kepada sejumlah wartawan, Senin (7/10/2019).

Dikatakan, langkah itu diambil pemerintah setempat karena keterbatasan tenaga pendamping, baik di distrik maupun kampung.

Dijelaskan, sejak tahun 2015 silam, pemerintah pusat mengalokasikan dana desa ke kampung-kampung. Lalu melalui pemerintah setempat, direkrut pendamping distrik untuk mendampingi kepala kampung guna penyusunan dokumen perencanaan di tingkat kampung.

Loading...
;

Saat ini, menurutnya, pendamping yang telah direkrut dan ditempatkan baik di distrik maupun kampung berjumlah 44 orang. Dari jumlah itu, sebanyak 26 pendamping pemberdayaan dan 18 lain pendamping teknis.

Di setiap distrik, jelas wabup, ditempatkan 2-3 orang dengan disesuaikan jumlah kampung. Kalau distrik dengan jumlah kurang dari 10 kampung, ditempatkan dua pendamping. Sedangkan distrik yang lebih dari 10 kampung, ditempatkan tiga orang.

Ditambahkan, khusus pendamping lokal, berjumlah 43 orang yang disebar di 20 distrik.

“Tahun depan juga, akan direkrut tambah lagi sebanyak 12 orang untuk disebar ke setiap kampung,” katanya.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Merauke, Nathaniel Paliting, mendukung langkah dari pemerintah setempat menambah lagi tenaga pendamping.

“Saya kira langkah itu sangat tepat, mengingat selama ini masih ada keluhan masyarakat kalau pengelolaan dana desa belum dilakukan secara transparan,” tegasnya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top