Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Tak ada keluhan pelaksanaan pemilu dalam Referendum Bougainville

Orang-orang Bougainville memilih antara merdeka atau otonomi yang lebih besar bagi Bougainville. – Loop PNG

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Arawa, Jubi – Referendum Bougainville telah dinyatakan bebas sengketa setelah selesainya periode untuk mengajukan petisi, yaitu 40 hari, berakhir pada 20 Januari 2020.

Dalam sebuah pernyataan Komisi Referendum Bougainville (BRC) mengumumkan bahwa tidak ada komplain apa-apa yang diajukan atas pelaksanaan dan hasil referendum selama periode pengajuan banding selama 40 hari terakhir.

Pejabat Pelaksana Tugas Kepala Referendum BRC, Desmond Tsianai, menerangkan dengan selesainya akhir periode petisi, ini dengan resmi mengakhiri aspek pemilihan umum dari proses Referendum Bougainville.

“Satu-satunya tujuan kita adalah untuk menyelenggarakan, menurut hukum, suatu jawaban yang demokratis dan dapat dipercaya atas pertanyaan ‘kemerdekaan atau otonomi yang lebih besar’ bagi Bougainville, yang ditentukan langsung oleh orang-orang Bougainville,” tutur Tsianai.

“Kita senang bahwa proses pemilihan ini sekarang sudah selesai, dan telah terbukti menjadi proses yang kredibel untuk semua pihak yang berkepentingan, serta pengamat internasional dan dalam negeri.”

Tsianai menegaskan dengan tidak ada keluhan, ini membuktikan pandangan BRC bahwa referendum Bougainville telah dilakukan dengan standar internasional, yang membuahkan hasil yang dapat dipercaya oleh pemerintah Bougainville dan PNG.

Loading...
;

“Sekarang kita berharap yang terbaik bagi kedua pemerintah sambil mereka memulai langkah-langkah selanjutnya dari proses Referendum, sebagaimana diatur oleh Perjanjian Perdamaian: periode konsultasi dan kemudian ratifikasi akhir oleh Parlemen Nasional PNG tentang masa depan politik Bougainville.”

Masa banding selama 40 hari adalah prosedur yang normal dari setiap proses pemilihan demokratis dan diatur dalam hukum organik tentang Peace Building di Bougainville, Pemerintah Otonomi Bougainville, dan Bougainville Referendum Tahun 2002. Petisi dapat diajukan oleh pemilih, atau oleh BRC sendiri.

Laporan lengkap mengenai aspek pemilihan dari Referendum Bougainville rencananya akan diserahkan oleh BRC, dan berisikan pelajaran-pelajaran yang dapat dipetik untuk pemilu lainnya ke depan di PNG dan Bougainville, serta aspek keuangan dari pembelanjaan BRC. (PINA/ BRC)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top