Tak ada TPS khusus penyandang disabilitas, Bawaslu: KPU tak responsif

Tak ada TPS khusus penyandang disabilitas, Bawaslu: KPU tak responsif

Ilustrasi masyarakat saat berada di TPS – Jubi/Roy Ratumakin.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Tidak adanya Tempat Pemungutan Suara (TPS) khusus untuk peyandang disabilitas di Papua khususnya di Kota Jayapura membuat Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota setempat angkat suara.

Bawaslu Kota Jayapura melalui komisionernya Hardin Halidin mengatakan sejak awal pihak KPU Kota Jayapura tidak memperhitungkan keberadaan masyarakat yang memiliki keterbatan atau penyandang disabilitas.

Sejak awal Bawaslu Kota Jayapura sudah mengetahui bahwa ada cukup banyak penyandang disabilitas yang belum terdata, dan sebagian di antara mereka cukup terkonsentrasi, seperti komunitas Humania di Polimak.

“Mestinya bisa dibuatkan TPS khusus untuk mereka. Saat ini memang sudah tidak bisa dilakukan, karena tinggal dua hari sudah Pemilu. Ini berarti bahwa sejak awal KPU tidak memperhitungkan keberadaan kawan-kawan penyandang disabilitas,” katanya kepada Jubi, Senin (15/4/2019).

Pihaknya pun menyayangkan sikap KPU yang tidak responsif terhadap kebutuhan masyarakat penyandang disabilitas.

“Mereka ini memang selalu terabaikan. Bahkan, penyelenggara Pemilu yang pertama kali melakukan sosialisasi terhadap mereka adalah kami. Ini kata peyandang disabilitas,” ujarnya.

Disinggung soal pengawasan terhadap pemenuhan hak-hak dari penyandang disabilitas, Hardin mengatakan Bawaslu telah mengingatkan pihak KPU utuk membuat TPS yang aksesibel.

“Misalnya TPS tersebut tidak ada parit, TPS-nya atau tempatnya tidak bergelombang, tidak berpasir, dan pintu masuknya tidak menyulitkan mereka. Kami juga akan memastikan bahwa mereka yang membutuhkan pendamping ketika hendak mencoblos, KPPS tidak boleh melarang adanya pendamping buat mereka,” katanya.

Sebelumnya Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Papua Theodorus Kossay menegaskan bahwa pihaknya akan menyediakan TPS khusus bagi masyarakat penyandang disabilitas di Kota Jayapura.

“Kami akan mengakomodir pemilih difabel, dan akan kami buatkan TPS khusus untuk mereka,”  kata Kossay kepada Jubi, Kamis (11/4/2019) di Jayapura.

Namun di hari ini, Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Papua Divisi Program dan Data, Diana Dortea Simbiak mengatakan, khusus untuk di Papua tidak ada TPS khusus penyandang disabilitas.

“Jadi para penyandang disabilitas ini akan mencoblos di TPS-TPS yang sudah ditentukan oleh penyelenggara. Tidak ada TPS khusus untuk penyandang disabilitas,” kata Simbiak menjawab pertanyaan Jubi, Senin (15/4/2019) di Jayapura. (*)

Editor       : Edho Sinaga

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Populer

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)